Banjir Mulai Surut, Anies Pastikan Pengungsi Dapat Cukup Bantuan

Banjir Mulai Surut, Anies Pastikan Pengungsi Dapat Cukup Bantuan

Gubernur DKI Anies Baswedan saat mengunjungi warga di pengungsian (foto: instagram @aniesbaswedan)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah berkeliling meninjau warga terdampak banjir Jakarta sejak Senin (5/2) malam. Banjir akibat meluapnya air di Bendung Katulampa Bogor menggenangi daerah sekitar sungai seperti Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

Total daerah yang terimbas langsung banjir ada sekitar 140 RT dan 48 RW di Jakarta. Jumlah pengungsi mencapai 6532 jiwa, dengan 3900 jiwa di Jakarta Selatan dan 2632 jiwa di Jakarta Timur.

Saat mengunjungi warga Rawajati dan Pejaten yang mengungsi, Anies menyampaikan air sudah mulai surut. “Saat ini ketinggian air di pintu air Manggarai turun menjadi 830 cm, Insya Allah akan turun terus hingga normal” kata Anies.

Anies menyampaikan warga, petugas, dan jajaran PNS DKI ikut memantau air di pintu air Manggarai dan 11 titik sepanjang sungai Ciliwung.

“Bahkan ada seorang ibu yang tidak tidur karena ikut berjaga di pintu air Manggarai. Sampai saya perjalanan ke sini dia terus memberi kabar. Syukurlah puncak ketinggian air 900 cm sudah lewat dan sekarang kita memastikan proses penyurutannya berjalan lancar” jelas Anies.

Sementara terkait warga yang mengungsi, menurut pantauan Pemprov DKI kebutuhan pengungsi terdiri dari selimut, alat tidur, makanan.

“Alhamdulillah terpenuhi dengan baik dan kita prioritaskan kelengkapannya dari tadi malam sambil kita pantau genangan air di lingkungan mereka surut, Pemprov DKI Jakarta masih memonitor terus menerus, selanjutnya akan dievaluasi apa saja yang terjadi. Sekarang prioritas kita adalah memastikan pengungsi yang terdampak mendapat cukup bantuan” pungkas Anies.

Reporter: Ahmad Jilul Qur’ani Farid
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!