Berikut Enam Poin Jakarta Message Dari Forum Perdamaian Dunia

0
Berikut Enam Poin Jakarta Message Dari Forum Perdamaian Dunia
Para peserta World Peace Forum berfoto bersama setelah melakukan koferensi pers (Foto: Suaramuslim.net)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Acara Forum Perdamaian Dunia yang ke – 7 (The th7 World Peace Forum) yang digagas oleh Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) akhirnya resmi ditutup, pada Kamis (16/8) siang.

Acara yang berlangsung sejak 13 sd 16 Agustus 2018 di Jakarta itu menghasilkan Pesan Jakarta (Jakarta Message), sebuah pesan perdamaian yang berlandaskan “jalan tengah untuk masyarakat dunia” yang berisi enak poin.

Berikut enam poin Pesan Jakarta yang dihasilkan dari forum yang dihadiri 100 tokoh dunia itu.

1. Bekerjasama mengarusutamakan jalan tengah sebagai prinsip yang membimbing perwujudan civilisasi dunia yang diimplementasikan dalam politik, ekonomi dan sosial budaya.

2. Mendorong seluruh negara untuk mengambil tanggung hawab dalam membentuk peraturan dan mekanisme untuk bisa mengimplementasikan jalan tengah di negaranya.

3. Mendorong pemuka agama untuk menampilkan keteladanan, mempromosikan, serta memimpin implementasi jalan tengah sehingga dapat dijalankan dalam kehidupan masyarakat di negara tersebut.

4. Mendorong akademisi dan para hali untuk melakukan penelitian yang ekstensif dan mendidik generasi muda tentang jalan tengah.

5. Mendorong masyarakat untuk terus menerapkan prinsip Jalan Tengah dalam kehidupan sehari-hari.

6. Mendorong para pemangku kepentingan untuk mengambil inisiatif untuk meluncurkan gerakan skala global dalam mengimplementasi Jalan Ttengah di komunitas mereka masing-masing.

Pesan Jakarta ini nantinya akan diberikan ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) agar mampu menjadi rujukan apabila membuat resolusi.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Teguh Imami

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here