Home Program On Air Bincang Malam Temu Ireng Pembangkit Nafsu Makan

Temu Ireng Pembangkit Nafsu Makan

0
Tanaman Temu Ireng. Foto: pixabay.com

Suaramuslim.net – Alhamdulillah kali ini kita diberi kesempatan oleh Allah untuk mengkaji tentang tanaman-tanaman yang ada di sekitar, rimpang yang ada di dapur kita berkhasiat sebagai obat. Dan kita akan membahas khasiat dari temu ireng.

Alhamdulillah satu pekan ini mulai mencari di pasar-pasar tradisional untuk mendapatkan rimpang ini. Karena memang rimpang jarang digunakan sebagai bumbu. Berbeda dengan kunyit, lengkuas, hampir di setiap dapur pasti ada.

Lalu, bagaimana membangkitkan nafsu makan anak-anak atau orang dewasa dengan temu ireng? Antioksidannya bekerja dalam usus besar dan dalam kearifan lokal biasanya ketika saya masih kecil dan semoga bisa dibudayakan kembali, dalam rangka membuat hukuman kepada anak-anak, ternyata hukuman itu bisa menambah kebaikan untuk anak-anak. Karena hukuman dari orang tua saya dulu, akibatnya sekarang saya suka jamu.

Khasiat rimpang ini perlu kita bagikan, apalagi di musim penghujan, salah satunya adalah, semisal ada seseorang yang daya tahan tubuhnya menurun, masalah-masalah sesak nafas, biasanya muncul dengan kasus-kasus kondisi dingin seperti saat ini.

Sesak nafas pada umumnya karena terhalangnya udara yang harusnya kita hembuskan dari paru-paru. Penyebabnya banyak sekali seperti tenggorokan tertutup dengan lendir, memiliki gangguan jantung, penderita GERD dengan naiknya asam lambung juga bisa mengakibatkan sesak nafas.

Selama tiga hari saya belajar tentang biomekanika dalam rangka aplikasi untuk dunia kesehatan. Ada harapan kesembuhan yang jauh lebih baik yang ditawarkan untuk umat Islam, mudah-mudahan dapat banyak menolong umat Islam yang sakit, dengan tanpa operasi, tanpa menggunakan obat dalam memperbaiki rangka tubuh dan sehat kembali.

Nah, untuk membantu melengkapi nutrisi-nutrisinya bisa menggunakan temu ireng. Prinsip menggunakan temu ireng sangat sederhana, kita menggunakan produk-produk rimpang yang lainnya.

Seseorang yang makannya banyak selama yang dimakan nutrisinya baik pun tak ada masalah. Asalkan yang dimakan bukan 5 hal yaitu nasi putih, gorengan, tepung, santan yang dipanaskan berulang-ulang, dan gula pasir.

Ketika kita sering mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, itu akan memberikan komunikasi yang baik terhadap sistem pencernaan. Nafsu makan akan tetap terkontrol dengan baik.

Ketika seseorang melakukan pola hidup sehat, awalnya seperti orang yang sering lapar, karena selama ini sel-nya tidak mendapatkan pasokan yang pas. Meskipun tubuhnya besar, misalnya, bukan berarti sel-nya baik.

Pola hidup sehat ini bertujuan agar sel-sel dalam tubuh kita mendapatkan nutrisi yang baik sampai porsinya terpenuhi.

Artikel ini dikutip dari siaran Program Thibbun Nabawi pada hari Kamis, 16 Januari 2020 pukul 20.30-22.00 bersama Ustadz Hamid Arif – Pakar Thibbun Nabawi dari Rumah Bekam Mugi Barokah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.