BMT Jawab Kebutuhan Umat Islam dalam Ber-muamaalah

Suaramuslim.net – BMT merupakan jawaban terhadap tuntutan dan kebutuhan ekonomi umat Muslim. Selain menjadi solusi, kehadirannya akan menjadi alternatif dari lembaga keuangan berbasis riba.

BMT atau Baitul Maal wa Tamwil merupakan lembaga keuangan yeng berbasis syariah dan bebas dari unsur riba. Eksistensi lembaga keuangan syariah sejenis BMT, jelas memiliki arti penting bagi pembangunan ekonomi berwawasan syariah terutama dalam memberikan solusi bagi pemberdayaan usaha kecil dan menengah serta menjadi inti kekuatan ekonomi yang berbasis kerakyatan dan sekaligus menjadi penyangga utama sistem perekonomian nasional.

Sebagai umat Islam yang jumlahnya mayoritas memang memerlukan bank/lembaga yang berasaskan syariah sebagai sarana untuk bermuamaalah. Diakui atau tidak, umat Islam merupakan pangsa pasar yang sangat besar di Indonesia. Artinya, seharusnya jika umat Islam menyadari pentingnya bersyariah dalam berbagai aspek, tak terkecuali terkait dengan keuangan, semua yang berbau syariah akan laku keras.

Jika BMT tertata dengan baik, mempunyai sistem yang bagus, memberikan kepuasan dalam pelayanan, dan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh lembaga BMT ini, akan menjadi alasan utama umat Islam untuk memilih lembaga ini sebagai sebuah pilihan untuk menginvestasikan keuangan yang lebih aman serta terhindar dari unsur riba, dan meninggalkan lembaga keuangan konvensional. Ini merupakan tantangan tersendiri untuk BMT.

Baca Juga :  Shalat Jamaah Based Management: Tentang Wanita
Pengertian dan Peranan Baitul Maal

Secara harfiah/lughowi, baitul maal berarti rumah dana. Baitul maal ini sudah ada sejak pada zaman rasulullah, berkembang pesat pada abad pertengahan. Baitul maal berfungsi sebagai pengumpulan dan menyalurkan untuk kepentingan sosial.

Menurut Ensiklopedia hukum Islam, baitul maal adalah lembaga keuangan negara yang bertugas menerima, menyimpan, dan mendistribusikan uang negara sesuai dengan aturan syariat. Jadi setiap harta baik berupa tanah, bangunan, barang tambang, uang, komoditas perdagangan, maupun harta benda lainnya dimana kaum muslimin berhak memilikinya sesuai hukum syari.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Baitul Maal adalah lembaga yang menerima titipan dana zakat, infak dan shadaqah serta menjalankannya yang sesuai dengan peraturan dan amanahnya.

BMT memiliki beberapa peranan, di antaranya adalah:

  • Menjauhkan masyarakat dari praktik ekonomi yang bersifat tidak syari. Aktif melakukan sosialisasi di tengah masyarakat tentang arti pentingnya sistem ekonomi I
  • Melakukan pembinaan dan pendanaan usaha mikro. BMT harus bersikap aktif melakukan fungsi sebagai lembaga keuangan mikro, misalnya dengan jalan pendampingan, pembinaan, penyuluhan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha nas
  • Melepaskan ketergantungan pada rentenir, masyarakat yang masih tergantung pada rentenir disebabkan rentenir mampu memenuhi keinginan masyarakat dalam memenuhi dana dalam segera.
  • Menjaga keadilan ekonomi masyarakat dengan distribusi yang rata. Fungsi BMT langsung berhadapan dengan masyarakat yang kompleks diwajibkan harus pandai bersikap, oleh karena itu langkah-langkah untuk melakukan evaluasi dalam rangka pemetaan skala prioritas yang harus diperhatikan, contohnya dalam masalah pembiayaan, BMT harus memperhatikan kelayakan nasabah dalam hal golongan nasabah dan juga jenis pembiayaan yang dilakukan.
Baca Juga :  Nasi Bungkus Itu Bernama Berkat

Peran BMT bagi masyarakat sebagai berikut :

  1. Motor penggerak ekonomi dan sosial masyarakat.
  2. Ujung tombak pelaksanaan sistem ekonomi syariah.
  3. Penghubung antara kaum aghnia (kaya) dan kaum dhu’afa (miskin).
  4. Sarana pendidikan informal untuk mewujudkan prinsip hidup yang berkah.

Demikian adalah peran strategis yang ditunjukkan BMT sebagai alternatif wadah simpan pinjam dan bermitra kerja, yang mampu menumbuhkan respon positif baik secara moril maupun material. (yet/smn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.