Tak Hanya Menambah Rezeki, Sedekah Bisa Sembuhkan Penyakit

153
Tak Hanya Menambah Rezeki, Manfaat Sedekah Bisa Sembuhkan Penyakit

Suaramuslim.net – Selama ini, kita sering mendengar bahwa bersedekah bisa menambah rezeki. Hal itu benar. Namun tidak hanya itu, sedekah juga bisa menyembuhkan penyakit, memberi rasa bahagia, bahkan memudahkan kita saat sakaratul maut.

Memberi seringkali diartikan dengan kegiatan yang dilakukan oleh orang mampu kepada orang yang kurang dalam kekuatan finansial. Padahal, Allah ta’ala meminta kita bersedekah dalam keadaan lapang maupun sempit. Karena efek sedekah akan kembali kepada pelakunya.

Menyembuhkan Penyakit

Benarkah sedekah dapat menyembuhkan diri kita dari penyakit? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR Thabrani).

Kemudian manfaat sedekah sebagai penyembuh rasa sakit juga tertulis dalam hadits riwayat Abu Dawud, “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.”

Sedekah, Beri Rasa Bahagia

Tak hanya memberi rasa bahagia bagi penerima sedekah saja, sedekah juga tentunya memberi rasa bahagia pada hati pemberinya. Karena secara tak langsung telah membantu seseorang yang membutuhkan.

Berdasarkan studi yang diterbitkan American Journal of Public Health pada tahun 2013, ditemukan fakta bahwa orang yang gemar membantu orang lain dapat pebih terlindungi dari dampak negatif stress. Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Allan Lukas, bahwa sedekah secara ikhlas akan meningkatkan hormon endorfin yang akan banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Memperpanjang Usia dan Mudahkan Sakaratul Maut

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sedekah dari seorang muslim, akan meningkatkan hartanya dimasa kehidupannya. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (sakaratul maut) dan melalui sedekah Allah menghilangkan perasaan sombing dan egois (Fiqh Sunnah, Vol 3 : 97).

Menambah Rezeki

Sudah bukan rahasia lagi bahwa konsep memberi dalam Islam bukanlah mengurangi. Namun, konsep memberi dalam Islam adalah justru menambahi. Rasulullah bersabda, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu dari Allah dengan mengeluarkan sedekah.”

Kemudian, setelah turun perintah tersebut, Allah berfirman, “Hai anak adam, infakkanlah dan sedekahkanlah hartamu, niscaya aku akan memberikan nafkah kepadamu.” (HR Muslim)

Sedekah Penyebab Terkabulnya Hajat

Ternyata, sedekah juga membuat seseorang menjadi lebih dekat dengan terkabulnya hajat yang diinginkan. Allah bersabda, “Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membayarnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya.”(Hadits Qudsi). Yang dimaksud Allah akan membalas lebih cepat adalah juga dalam hal terkabulnya hajat.

Nah, begitu banyak manfaat sedekah yang dapat dirasakan dari segi ruh maupun jasmani. Masihkah ragu untuk bersedekah, berzakat dan berinfaq? Mari salurkan donasi sedekah terbaik Anda di Berzakat.id  (muf/smn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here