BANTUL (Suaramuslim.net) – Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah pada akhirnya menyelesaikan proses pemilihan ketua umum dan formatur periode 2018-2022, Rabu (28/11).

Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar XVII Pemuda Muhammadiyah telah selesai menghitung perolehan suara 12 formatur dan ketua umum.

Seperti yang dilansir SuaraMuhammadiyah.id, Sunanto atau biasa dipangil Cak Nanto terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Periode 2018-2022 dengan memperoleh suara terbanyak.

Berikut perolehan suara pada pemilihan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Periode 2018-2022:

1. Ahmad Fanani (266)
2. Ahmad Labib (292)
3. Andi Fajar Asti (0)
4. Faisal (2)
5. Muhammad Sukron (2)
6. Sunanto (590)

Adapun suara tidak sah sebanyak 4 suara.

Sebelumnya, Cak Nanto optimistis akan memenangkan kontestasi ini. Setelah terpilih, dia pun mengatakan, sebagai pimpinan pemuda Muhammadiyah akan melakukan optimalisasi kader dan memaksimalkan kader muda Muhammadiyah untuk kemaslahatan nusa dan bangsa.

“Saya sebagai orang independen sehingga tidak akan terpengaruh dengan hal yang lainnya dan dipastikan Pemuda Muhammadiyah akan kembali ke khittahnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Bencana Asap, Pemuda Muhammadiyah Desak Kapolri Usut Pelaku Pembakaran Hutan

Cak Nanto kembali menegaskan institusi Pemuda Muhammadiyah harus tetap netral dalam pilihan politik dan secara personal diserahkan kepada masing-masing anggota.

“Politik memang saling menyeret, namun secara organisasi Pemuda Muhammadiyah tetap netral dan tidak akan masuk ke ranah itu (politik praktis),” ucapnya.

Dia pun memastikan, akan tetap netral dalam politik dan dukungan individu kepada capres tertentu. Karena ditegaskannya, pilihan politik tidak bisa dibawa ke ranah organisasi Pemuda Muhammadiyah.

“Sah-sah saja memiliki kedekatan dengan pihak tertentu dan saya tidak bisa menekannya selama itu tidak dibawa ke organisasi,” pungkasnya.

Reporter: Teguh Imami

Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.