Catatan Sejarah Islam di Bulan Syawal

Suaramuslim.net – Selain Bulan Suci Ramadhan yang selalu dirindukan karena banyaknya keberkahan dan keistimewaannya, bulan syawal juga menjadi salah satu bulan yang dinanti-nanti umat muslim.

Apalagi di Indonesia, bulan syawal selalu menjadi momen penting untuk kembali ke kampung halaman dan bersilaturahmi dengan sanak saudara dan para sahabat yang sudah lama tak bersua. Namun tahukah Anda selain Idul Fitri, peristiwa apa saja yang terjadi di bulan Syawal? Mari kita buka lembaran sejarahnya!

Makna Syawal

Secara bahasa, Syawal berasal dari kata Syala yang  berarti naik atau meninggi (irtafa’a). Pada bulan ini,  kedudukan dan derajat kaum Muslimin meninggi di mata Allah subhanahu wa ta’ala, karena telah menunaikan ibadah shaum pada bulan Ramadhan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ”Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan tulus karena Allah, maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah”.

Pada bulan ini, umat Muslim secara moral dan spiritual harus mampu mempertahankan dan meningkatkan keimananannya. Setelah menjalani puasa selama satu bulan, umat Muslim diharapkan bisa mempertahankan nilai-nilai amaliyah yang telah dilakukan pada Ramadhan hingga datang Ramadhan selanjutnya. Syawal bermakna sebagai bulan peningkatan ibadah dan amal saleh.

Baca Juga :  Begini Asal Usul Kata Lebaran

Seperti halnya bulan-bulan lain pada kalender hijriyah,  Syawal memiliki keistimewaan tersendiri. Dalam sebuah hadis diriwayatkan dari Ayyub RA, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa berpuasa Ramadhan dan meneruskannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, berarti dia telah berpuasa satu tahun”. (HR Imam Muslim dan Abu Dawud)

Lalu, apa saja catatan sejarah peradaban Islam yang terjadi di bulan kesepuluh Hijriah ini?

Rasulullah Mempersunting Aisyah ra.

Menurut Ibnu Mandhur dalam Lisan al-Arab, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. mempersunting Aisyah ra. putri Abu Bakar ra., pada bulan Syawal. Sejarah juga mencatat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memulai hidup bersama Aisyah ra. pada bulan Syawal.

Lahirnya Ahli Hadis Terkemuka

Tahukah Anda? Ahli hadis terkemuka Muhammad al-Bukhari lahir di Bulan Syawal? Imam Bukhari lahir di Bukhara, Uzbekistan, Asia Tengah pada 13 Syawal 194 Hijriah. Menurut Ibnu Hajar Al Asqalani, Imam al-Bukhari berhasil menuliskan 9.082 hadis dalam karya monumentalnya bertajuk al-Jami’al-Shahil yang dikenal sebagai Shahih Bukhari.

Baca Juga :  “Api Sejarah”, Mengupas Habis Peran Umat Islam di NKRI

Perang Uhud

Sejarah peradaban Islam juga mencatat pada 17 Syawal, umat Muslim di zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam terlibat dalam Perang Uhud. Catatan lain menyebut Perang Uhud terjadi pada 15 Syawal 3 Hijriyah atau Ahad 31 Maret 625 Masehi. Pada pertempuran itu, umat Islam mendapatkan pelajaran penting, karena mengalami kekalahan.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dan surat Ali Imran ayat 165, ”Dan mengapa kamu  (heran) ketika ditimpa musibah (kekalahan Perang Uhud), padahal kamu telah menimpakan kekalahan dua kali lipat (kepada musuh-musuhmu pada Perang Badar), kamu berkata, ‘Dari mana datangnya (kekalahan) ini?’ Katakanlah, Itu dari (kesalahan) dirimu sendiri. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Perang Bani Qainuqa

Peristiwa penting lainnya adalah terjadinya Perang Bani Qainuqa, di sini pasukan kaum muslim yang dipimpin Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerangi kaum yahudi karena mereka memerangi kaum muslim. Mereka juga yang pertama mengkhianati perjanjian yang dibuat kedua belah pihak.

Itulah catatan-catatan sejarah Islam yang terjadi di bulan Syawal. Semoga bermanfaat dan menjadi pelajaran bagi kita semua, Amin.

Baca Juga :  Nikmatnya Puasa Syawal

Kontributor: Siti Aisy
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.