Ceker Ayam Bumbu Bacem, Olahan Lezat & Kaya Nutrisi

Ceker Ayam Bumbu Bacem, Olahan Lezat & Kaya Nutrisi

Suaramuslim.net – Semangkuk ‘mie ayam’ akan terasa lebih lezat jika ditambah dengan menu ceker ayam. Iya, lauk yang satu ini memang menjadi pelengkap di beberapa menu makanan yang biasa kita jumpai di mana-mana. Seperti soto, sup dan mie ayam. Tekstur unik serta rasa yang gurih, membuat penggemarnya dimanjakan dengan sensasi yang begitu khas dari ceker ayam.

Meski demikian, faktanya ada sebagian orang yang tidak suka makan ceker ayam. Alasannya pun beragam. Salah satunya karena ceker ayam berarti kaki ayam, yang dipersonifikasikan dengan hal kotor.

-Advertisement-

Terlepas dari perdebatan suka atau tidaknya, ternyata ceker ayam memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi dan manfaatnya, ceker ayam dapat berdampak baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini:

Mengatasi Sakit Akibat Arthritis

Ceker ayam memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang baik bagi kesehatan. Diantaranya protein, kolagen dan kartilago. Untuk kandungan kartilago berperan dalam pergerakan sendi dalam tubuh. Kartilago merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelancaran pada sendi-sendi. Untuk itu, kartilago dapat berkhasiat dalam meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan akibat arthritis dan sakit pada sendi.

Orang-orang China seringkali memasukkan ceker ayam sebagai bahan tambahan sup. Ini bertujuan agar mereka terlihat awet muda. Tidak hanya itu, ceker ayam juga bisa memperlancar pergerakan dalam tubuh mereka. Masyarakat Cina, terutama mereka para ahli bela diri, memasukan menu ceker ayam sebagai bahan konsumsi makanannya secara rutin.

Ceker Ayam Kaya Akan Kolagen

Sebuah penelitian di Taiwan menunjukan jika ceker ayam memiliki kandungan kolagen yang begitu tinggi. Sehingga, menu ceker ayam dapat dijadikan sebagai sumber zat kolagen alternatif selain daging sapi dan ikan laut. Seperti yang kita ketahui, kolagen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mampu meremajakan kulit sehingga kulit terlihat lebih awet muda.

Disamping itu, ceker ayam dapat menguatkan sistem pembuluh darah sehingga peredaran darah dapat menjadi lebih lancar. Untuk itu tidak ada salahnya, mulai mengkonsumsi ceker ayam secara rutin. Apalagi saat ini ceker ayam bisa divariasikan menjadi kuliner yang lezat dan nikmat.

Ceker Ayam Punya Kandungan Zat Kapur

Selain dua poin gizi di atas, ceker ayam juga mengandung zat kapur yang baik untuk mengatasi reumatik. Para penderita reumatik amat dianjurkan untuk mengkonsumsi ceker ayam secara rutin, sebab kandungan zat kapurnya yang baik dalam mengatasi sakit yang dideritanya.

Saat ini sudah banyak ditemui makanan olahan dari ceker ayam. Salah satu menu favorit yang pasti disenangi para pencinta kuliner, terutama penggemar makanan pedas, diantaranya ada ceker bumbu pedas, atau dikenal dengan sebutan ‘ceker lapindo’ atau ceker setan. Di bawah ini salah satu contoh resep menu ceker ayam dengan bumbu bacem, dilansir dari laman vemale, (19/2).

Bahan-bahan:

1 kg ceker ayam yang sudah disiangi & dibersihkan bagian ujung kukunya
2 sendik makan kecap manis
3 sendok makan gula merah
3 lembar daun salam
Garam dan air secukupnya
Lengkuas yang dimemarkan secukupnya

Bumbu halus:

4 siung bawang putih
1 sendok makan ketumbar
8 buah bawang merah

Langkah memasak ceker ayam bumbu bacem:
  1. Pertama, rebus ceker ayam hingga matang, kemudian buang airnya dan tiriskan
  2. Siapkan panci atau sejenisnya. Masukkan ceker ayam bersamaan dengan bumbu halus, daun salam, lengkuas, garam, gula merah serta air secukupnya hingga ceker terendam seluruhnya.
  3. Masak adonan hingga mendidih, sambil diaduk-aduk dan mencicipi rasanya terlebih dahulu. Jika rasanya sudah pas, masak terus hingga kuahnya habis dan bumbu bacemnya meresak ke dalam ceker.
  4. Ceker ayam bumbu bacem siap dihidangkan.

Oleh: Siti Aisah
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.