Dahlan Iskan : Industri Kreatif Jangan Mengandalkan Pemerintah

174
Dahlan Iskan dalam 4th International Conference on Creative Industry di Surabaya (Dok Suara Muslim / Fotografer: Ahmad Jilul QF)

SURABAYA (suaramuslim.net) – Dahlan Iskan dalam 4th International Conference on Creativity Industry (ICCC) yang diadakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) di Hotel Bumi Surabaya pada Rabu (11/10) mengatakan industri kreatif jangan mengandalkan pemerintah.

“Orang kreatif tidak usah berharap pada siapapun, bertumpulah pada kemampuan sendiri tidak usah memikirkan dan mengandalkan pemerintah karena jiwa kreatif bukan jiwa pengeluh” kata Dahlan.

Ketika ditanya terkait benturan antara inovasi industri kreatif dan regulasi pemerintah seperti moda transportasi online yang berbenturan dengan regulasi, kepada suaramuslim.net Dahlan Iskan mengatakan agar inovasi justru harus menerobos regulasi.

“Jika terbentur regulasi terobos saja, justru orang-orang kreatif adalah penerobos kebuntuan dari regulasi-regulasi yang ada, cari berbagai cara untuk mewujudkan inovasi” ujar Dahlan.

Dahlan Iskan menambahkan terkait bagaimana memunculkan insan kreatif dan menggiatkan industri kreatif di suatu kota.

“Sederhana saja, jika lingkungan kondusif yang indikatornya adalah warganya bahagia maka insan kreatif dan industri kreatif akan bergeliat, selain itu akses terhadap informasi harus memadai” ungkap Dahlan.

Reporter: Ahmad Jilul Qur’ani Farid

Editor: Muhammad Nashir

SHARE

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.