Demokrasi Di Indonesia Bermasalah, PKS: Ada Empat Penyakitnya

Demokrasi Di Indonesia Bermasalah, PKS: Ada Empat Penyakitnya

Demokrasi Di Indonesia Bermasalah, PKS Ada Empat Penyakitnya
Predien PKS Mohamad Sohibul Iman saat diwawancarai wartawan di acara Halaqah Kebangsaan (Foto: Suaramuslim.net)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman menganggap perjalanan demokrasi di Indonesia masih bermasalah. Dalam acara Halaqah Kebangsaan yang digelar PP Muhammadiyah, Sohibul menyebut ada empat poin yang menjadi penyebabnya.

“Kami sampaikan ada empat penyakit akut dalam demokrasi kita. Pertama adalah high cost demokrasi, demokrasi yang mahal. Akibatnya orang yang punya integritas gak bisa ikut kalau gak punya duit ” ujar Sohibul Iman setelah menghadiri Halaqah Kebangsaan, Kamis (11/4) di Gedung PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat.

Selain itu menurut Sohibul, oligarki merupakan penyakit kedua dalam proses demokrasi di Indonesia. Faktor kedua ini juga dianggap merupakan hasil dari biaya demokrasi yang tinggi.

“Yang kedua munculnya oligarki. Karena mahal kemudian ada pihak yang membiayai dan mereka inilah menjadi oligarki yang mengendalikan proses politik kita,” tambahnya.

Adapun faktor yang ketiga menurut Sohibul Iman adalah terjadinya interlocking politik, yaitu politik saling mengunci yang berasal dari oligarki itu sendiri. Faktor penyakit keempat menurut Sohibul Iman adalah demokrasi yang involutif.

“Yang keempat, itu terjadinya politik yang involutif, politiknya rame tapi tidak memberikan dampak apa-apa bagi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya

Dalam kesempatan yang sama, Sohibul Iman kembali menegaskan bahwa partainya telah konsisten untuk berjuang melalui jalur demokrasi.

“Platform perjuangan PKS di bidang politik adalah demokrasi”, ujar Sohibul Iman.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhamamd Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!