Dikenal Sebagai Qari Cilik, Kini Jadi Imam Mendunia

Dikenal Sebagai Qari Cilik, Kini Jadi Imam Mendunia

Dikenal Sebagai Qari Cilik, Kini Jadi Imam Mendunia

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Syekh Muhammad Thaha Al-Junaid dikenal masyarakat Indonesia melalui akun Youtube beberapa tahun lalu saat viral mengimami jamaah dewasa dengan suara emasnya. Pemilik julukan Beautiful Voice From Heaven (pemilik suara indah dari surga) ini mengunjungi radio Suara Muslim Surabaya di jalan Dinoyo 57 pada Kamis (24/5).

Saat diwawancarai redaktur Suara Muslim, usianya sekarang 23 tahun. Jeda 15 tahun saat video yang diunggahnya dulu. Saat ditanya apa tips menghafal di usia muda, sambil tersenyum Muhammad Thaha menceritakan pengalamannya.

“Saya mulai menghafal Al Quran di usia 8 tahun dan hafal keseluruhannya 5 tahun kemudian. Saat itu atas bimbingan ayah saya, Alhamdulillah saya bisa istiqamah menghafalkannya”, tutur qari muda ini.

Muhammad Thaha menambahkan, kunci menghafal sebenarnya sangat mudah dan tidak sesulit dibayangkan, yang terpenting konsisten. Satu hari satu halaman hafalan di waktu antara Maghrib dan Isya dan mengulang-ulang (muraja’ah) sebelum tidur.

Imam yang mendunia ini mengungkapkan tentang peran seorang ayah, baginya ayahnya yang mendidik dengan perlakuan khusus, “kalau belum menghafal, saya tidak boleh keluar rumah untuk bermain”, ucapnya sambil tertawa.

Menurutnya, karena hasil didikan orangtuanya lah ia sudah menghafal Al Quran di usia yang masih sangat muda.

Mahasiswa di jurusan Ilmu Politik salah satu Universitas Bahrain yang hobi sepak bola ini menjadi imam tarawih di beberapa masjid besar di Surabaya dan Jakarta. Selama di Surabaya ia mengimami di 5 masjid, Masjid Nurul Hayat, Masjid Al-Irsyad, Masjid Ash-Shobirin, Masjid Nasional Al-Akbar dan Masjid Al-Ikhlas.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.