Hari Ini, 9 Ramadhan Indonesia Proklamasikan Kemerdekaan

Hari Ini, 9 Ramadhan Indonesia Proklamasikan Kemerdekaan

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Tepat hari ini pada 9 Ramadhan tahun 1364 Hijriyah, Republik Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada hari Jum’at pagi di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta.

Jika dihitung menggunakan kalender Hijriah, usia kemerdekaan Republik Indonesia saat ini tepat menginjak 75 tahun.

Sang Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno menyampaikan betapa pentingnya bulan Ramadhan dipilih menjadi hari kemerdekaan.

”Tanggal 17 lebih memberi harapan kepadaku. Angka 17 adalah angka suci. Pertama-tama kita sedang berada dalam bulan suci Ramadhan, waktu kita semua berpuasa, ini berarti saat yang paling suci bagi kita. Tanggal 17 besok hari Jumat, hari Jumat itu Jumat Legi, Jumat yang berbahagia, Jumat suci” ungkap Soekarno seperti ditulis oleh Lasmidjah Hardi.

Ungkapan itu disampaikan oleh Soekarno saat diculik ke Rengasdengklok oleh golongan pemuda diantaranya Sukarni dan Wikana dan didesak untuk segera memproklamasikan kemerdekaan.

Setelah penculikan tersebut, esoknya, Soekarno didampingi Mohammad Hatta membacakan teks proklamasi tanda Indonesia telah merdeka dari penjajahan Jepang. Dilanjutkan dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya ciptaan WR Soepratman.

Penulis: Ahmad Jilul Qur’ani Farid
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.