Disebut Sarang Radikalisme, Masjid UI Bantah Setara Institue

71
Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia (Foto: Indoplaces)

JAKARTA (suaramuslim.net) – Setara Institute sebuah lembaga yang aktif melakukan riset dan kampanye tentang pluralisme pada Kamis (2/10) memaparkan penelitian tentang intoleransi di Bogor dan Depok.

Dalam penelitiannya, Setara Institute menyebut aktivitas di Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia dan segenap kegiatan di dalamnya, yang meliputi Nuansa Islam Mahasiswa (SALAM) UI hingga Depok Islamic Study Circle (DISC) sebagai sarang radikalisme dan intoleransi.

Ketua Pengurus Masjid UI, Abdul Muta’ali, Ph.D dalam siaran persnya meragukan penelitian Setara Institute karena tidak melibatkan Pengurus Masjid UI dalam penelitiannya. Selain itu Masjid UI akan mengundang Setara Institute untuk mempresentasikan penelitiannya secara akademik, utuh dan terbuka untuk dinilai secara objektif.

Abdul Muta’ali menambahkan bahwa Masjid UI secara resmi bernaung dibawah Universitas Indonesia dan setiap kegiatannya terpantau dan mengacu kepada visi dan misi Universitas, sehingga sangat tidak mungkin Masjid UI menjadi sarang radikalisme dan intoleransi. Masjid UI dalam kegiatannya juga selalu berlandaskan pemahaman Ahlus Sunnah Wal Jamaah dalam koridor Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Reporter : Ahmad Jilul Qur’ani Farid

Editor : Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here