Pilot pesawat terbang. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Akhir-akhir ini nama Satrio Dewandono jadi bahan pembicaraan publik. Pasalnya suami dari diva dangdut Iis Dahlia ini merupakan pilot di maskapai Garuda Indonesia. Satrio Dewandono disebut sebagai pilot yang membawa pesawat Airbus A330-900 Neo milik Garuda yang mengangkut Harley Davidson jenis Shovelhead dan sepeda Brompton ilegal dari Toulouse, Prancis ke Jakarta.

Dan katanya gaji seorang pilot di Indonesia sampai 70 jutaan per bulan. Benarkah? Lalu berapa kah gaji seorang pilot yang sesungguhnya?

Dikutip dari laman sekolah-pilot.com, Pilot disebut-sebut sebagai salah satu profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia, katanya sih bisa sampai 70 jutaan per bulan. Ada beberapa faktor yang menentukan gaji seorang pilot, antara lain yaitu maskapai penerbangan tempat ia bekerja, total jam terbang, dan masa kerja dan tingkatan/pangkat/jabatan masing-masing.

Ini dia perkiraan gaji pilot di Indonesia berdasarkan jabatan:

1.Second Officer (SO). SO inilah jenjang karir pertama lulusan sekolah pilot di dunia penerbangan. Pada umumnya, SO ini baru diizinkan untuk menerbangkan pesawat berukuran kecil dan tentunya masih didampingi oleh Kapten. Kisaran gaji untuk FO ini yaitu 15-20 juta. Apabila SO ini mengambil lisensi ATPL & ME dan memenuhi jumlah jam terbang tertentu, ia bisa naik jabatan menjadi Copilot, dan kemudian Captain.

Baca Juga :  Masjid BUMN Dijaga Agar Tidak Radikal, MUI Jatim: Jangan Alergi Islam

2. First Officer (FO) atau lebih dikenal sebagai Co-Pilot. Tugas Co-Pilot yaitu menerbangkan pesawat dengan supervisi dari seorang Captain/komandan penerbangan. Co-Pilot ini duduk tepat disamping kapten. Gaji yang di dapat oleh Co-Pilot ini kisaran 30-40 juta.

3. Captain atau komandan/kapten ini bertugas mengawasi Co-Pilot dalam menerbangkan pesawat dan bertanggung jawab terhadap segala sesuatunya selama masa penerbangan. Penghasilan pilot di Lion Air rata-rata 45 juta/bulan. Tidak jauh berbeda dengan Garuda Indonesia yang memberikan gaji pokok kepada pilot-pilotnya sebesar 47,7 juta per bulan.

Bagi pilot yang memiliki jam terbang ribuan jam mendapatkan gaji kisaran 70 juta. Setelah menjadi captain beberapa tahun, lambat laun gaji kamu pun meningkat seiring dengan bertambahnya jam terbang dan pengalaman kamu.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.