Paslon Cagub Cawagub Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah (foto: kricom)

SEMARANG (Suaramuslim.net) – Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor urut 1 Ganjar Pranowo dan Taj Yasin pada Rabu (27/6) oleh beberapa lembaga survei dinyatakan unggul dalam hitung cepat Pemilihan Gubernur atas Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jateng nomor urut 2 Sudirman Said dan Ida Fauziah.

Menurut perhitungan Indobarometer, pasangan Ganjar-Taj Yasin memperoleh suara sejumlah 56,74% dan pasangan Sudirman-Ida mendapatkan suara sebanyak 43,26% dengan 100% data yang telah masuk.

Kemudian berdasarkan hitung cepat dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dengan 97% data masuk, Ganjar-Taj Yasin unggul dengan perolehan 58,17% suara dan Sudirman-Ida meraih 41,83% suara. Data dari lembaga survey lain yakni Saiful Mujani Research Centre (SMRC) menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda yakni Ganjar-Taj Yasin meraih  58,58% perolehan suara sementara Sudirman-Ida meraih 41,42%.

Hasil hitung cepat dari beberapa lembaga survei ini jauh berbeda dengan tren survei elektabilitas sebelum pemilihan, dimana tren beberapa lembaga survei menunjukkan Ganjar-Taj Yasin akan unggul di atas 70% dibanding Sudirman-Ida yang hanya meraih suara di kisaran 20%. Seperti hasil survei elektabilitas dari SMRC yang menunjukkan elektabilitas Ganjar-Taj Yasin sebesar 70,1 persen, sementara Sudirman Said dan Ida Fauziyah mendapat 22,6 persen.

Kemudian dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan jumlah pemilih di Jateng sebanyak 27.068.973 tersebut terdiri dari 13.479.002 (49,8%) pemilih pria dan 13.589.493 (50,2%) pemilih wanita.

Reporter: Ahmad Jilul Qur’ani Farid
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.