Fenomena Alam dan Ulah Manusia Picu Banjir di Sentani
Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB Sutopo Purwo Nungroho (Foto: Suaramuslim.net)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin (6/7) malam telah berhasil mengevakuasi 4.363 orang wisatawan yang berada di lombok dalam gempa lombok yang berkekuatan 7 SR pada Minggu (5/7) malam.

“Sampai tadi malam pukul dua puluh tim SAR yang dikomandani Basarnas berhasil mengevakuasi wisatawan lokal maupun asing, mereka di bawa ke tiga pelabuhan” Ujar kepala pusat data dan informasi Humas BNPB Sutopo Purwo Nungroho, Selasa (7/7) di Jakarta.

Ada 11 kapal yang dioperasikan untuk mengevakuasi wisatawan yang berlayar menuju tiga pelabuhan yakni Pelabuhan Benoa (3 Kapal), Pelabuhan Lembar ( 1 Kapal) dan terakhir Pelabuhan Bangsal (7 Kapal).

Lebih lanjut Sutopo mengatakan bahwa gempa lombok telah menghancurkan ribuan rumah warga dan bangunan umum dengan perkiraan kerugian mencapai Rp 1 triliyun.

“Total kerugian sampai saat ini diperkirakan lebih dari satu triliyun,” tambahnya.

Sampai Selasa (7/7) siang, total korban yang meninggal dunia mencapai 105 orang yang meliputi 6 kabupaten yaitu kab. Lombok Utara (78 orang), Kab. Lombok Barat (16 orang), Kab. Lombok Timur (3 orang), Kab. Lombok Tengah (2 orang) dan Kab. Denpasar (2 orang). Adapun diperkirakan korban yang luka-luka mencapai 236 orang.

Baca Juga :  Masjid Muhajirin di Gangga, Ambruk Total Saat Shalat Isya'

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Ahmad Jilul Qur’ani Farid

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.