Hikmah yang Anda Dapat Saat Membayar Zakat

    167
    hikmah membayar zakat
    Suaramuslim.net – Dalam setiap ajaran yang diperintahkan pada manusia tentu mengandung suatu hikmah yang sangat berguna bagi orang yang melakukannya. Begitu pula dengan zakat. Berikut ini beberapa hikmah berzakat.

    Zakat, terdapat 4 sisi hikmah yang yaitu hikmah bagi pihak pemberi zakat, pihak penerima zakat (mustahiq), gabungan antara keduanya dan hikmah yang khusus dari Allah subhanahu wa ta’ala. Juga dari segi ekistensi harta benda itu sendiri, serta hikmah bagi pemberi zakat dan pihak masyarakat pada umumnya.

    Zakat ditunaikan sesunggguhnya untuk meringankan beban seseorang dalam menjalani kehidupannya. Bagi pemberi, zakat berguna untuk mensucikan harta harta yang mereka milik, dan bagi yang berhak menerima zakat, bermanfaat untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut uraian lengkap hikmah dan tujuan zakat.

    Hikmah Zakat bagi Mustahiq

    Zakat sesungguhnya bukanlah sekedar memenuhi kebutuhan para mustahiq (orang yang berhak menerima zakat) akan tetapi memberi kecukupan dan kesejahteraan kepada mereka dengan cara memperkecil penyebab kehidupan mereka menjadi miskin.

    Hikmah Zakat bagi Muzakki (pemberi zakat)

    Jika seseorang melaksanakan kewajiban zakat, maka ia berarti telah melakukan tindakan preventif bagi terjadinya kerawanan sosial yang umumnya dilatarbelakangi oleh kemiskinan dan ketidakadilan seperti terjadinya pencurian, perampokan, maupun kekerasan yang diakibatkan oleh kekayaan.

    Hikmah Zakat bagi Kedua Sisi (Mustahik dan Muzakki)

    Zakat sebagai suatu kewajiban dan kebutuhan bagi seorang muslim yang beriman. Menghilangkan rasa kikir bagi pemilik harta serta membersihkan sikap dengki dan iri hati bagi orang-orang yang kurang mampu. Keberhasilan zakat dalam mengurangi perbedaan kelas dan berhasilnya dalam mewujudkan pendekatan dari kelas-kelas dalam masyarakat, otomatis akan menciptakan suasana aman dan tentram yang melindungi seluruh masa. Dengan demikian akan menyebabkan tersebarnya keamanan masyarakat dan berkurangnya tindakan kriminalitas.

    Hikmah Khusus dari Allah

    Dari segi kepentingan harta benda yang dizakati, Allah SWT. akan memberikan suatu jaminan untuk membentengi harta kekayaan tersebut dari kebinasaan dan memberikan keberkatan serta kesucian dari kotoran dan subhat. Hal ini dirasa adanya balasan kebaikan dari Allah, dengan mengabulkan doa dari para penerima zakat yang telah memberikan bantuan.

    Hikmah Zakat dari Eksistensi Harta

    Menjaga dan memelihara harta dari para pendosa, pencuri, sehingga kehidupan di lingkungan masyarakat menjadi tentram tanpa ada rasa ketakutan dan kekhawatiran menjaga harta mereka. Setelah mengetahui beberapa hikmah zakat dari segi pemberi, penerima, dan hartanya sendiri,  Anda juga dapat menyalurkan zakat anda tanpa harus keluar rumah, simple dan praktis dengan mengunjungi Berzakat.id (Platform digital pengelolaan zakat, infaq, sedekah, dan wakaf dibawah naungan YDSF Jakarta). (muf/smn)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here