Ingin Tambah Penghasilan Keluarga Coba 11 Usaha Sampingan Tanpa Modal Berikut!
Ilustrasi alat-alat make up.

Suaramuslim.net – Kini, semakin banyak ibu rumah tangga yang menjalankan usaha sampingan di rumah. Selain menambah penghasilan, menjalankan usaha sampingan juga menjadi sarana untuk mengaktualisasi bakat. Jika kamu tertarik untuk mendukung keuangan keluarga, mari simak 11 ide usaha sampingan tanpa modal berikut ini:

  1. Bisnis Online Shop

Tak perlu modal untuk memulai usaha sampingan ini. Cukup dengan menjadi reseller (menjual ulang) produk orang lain. Hanya berbekal handphone berisi paket data, usaha online shop semakin digemari karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Berbagai produk bisa dijual secara online. Namun, pastikan kamu memahami spesifikasi dan kualitas produk barang dagangan kamu ya.

  1. Menjahit Baju

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki ketrampilan menjahit, usaha sampingan ini cocok dilakukan di rumah. Kamu bisa menjahit baju atau sekadar mempermaknya. Kamu juga bisa menjahit tas pesanan pabrik dan dijual di pasaran.

  1. Membuat kerajinan tangan

Tak butuh modal untuk melakoni usaha sampingan ini. Berbekal barang-barang bekas di sekitar seperti kertas, botol atau kain perca, usaha membuat kerajinan tangan ini sesuai untuk ibu rumah tangga yang mempunyai kreativitas tinggi.

  1. Menulis artikel atau blog
Baca Juga :  Aware terhadap Pola Asuh Toxic Parents

Jika kamu adalah ibu rumah tangga yang gemar merangkai kata, usaha sampingan ini cocok untuk kamu. Menulis artikel atau blog cukup berbekal handphone atau laptop dan keterampilan menulis.

  1. Mengajar les

Usaha sampingan tanpa modal yang satu ini muncul karena peningkatan tren anak-anak sekolah yang menambah jam belajar lewat les. Ibu rumah tangga yang ingin mengajar les sebaiknya menyesuaikan dengan tingkat pengetahuan dan kemampuannya dalam mengajar. Memberi les mata pelajaran untuk anak-anak sekolah dasar adalah yang paling mudah dilakukan. Jika kamu memiliki keahlian lebih di bidang tertentu, kamu juga bisa membuka usaha les privat dalam bidang tersebut.

  1. Penata rias

Jika kamu ibu rumah tangga yang memiliki keahlian merias wajah, usaha sampingan tanpa modal ini cocok untuk kamu. Membuka jasa tata rias untuk make-up pengantin atau event tertentu dapat memberikan pemasukan untuk mendukung keuangan keluarga.

  1. Tempat penitipan anak

Tren ibu bekerja membuat jasa penitipan anak semakin banyak dicari. Kamu harus cukup telaten untuk membuka usaha sampingan yang satu ini. Pun memiliki bekal kesabaran dan kasih sayang dalam mengasuh anak.

  1. Jasa pembayaran listrik, token dan asuransi kesehatan
Baca Juga :  5 Cara Ampuh Menjaga Rumah Tetap Bersih

Membuka usaha sampingan jasa pembayaran listrik, token atau asuransi kesehatan ini tidak membutuhkan modal. Berbekal komputer untuk memasukkan data, kamu sudah bisa melakukan usaha sampingan ini.

  1. Jual pulsa atau paket data

Pulsa dan paket data menjadi kebutuhan yang tak terelakkan di era milenial ini. Ibu rumah tangga yang ingin menambah pemasukan keluarga bisa menjalankan usaha sampingan ini dengan hanya berbekal handphone dan saldo yang cukup.

  1. Usaha laundry dan setrika

Semakin banyaknya perempuan yang bekerja membuat pekerjaan domestik seperti mencuci baju dan menyetrika dialihkan tugasnya kepada orang lain. Ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan bisa membuka usaha sampingan jasa laundry (cuci baju) dan setrika.

  1. Catering atau berjualan makanan

Berjualan lauk pauk beragam menu menjadi usaha sampingan harian yang menjanjikan. Sebab, beberapa wanita karir yang tak sempat memasak lebih memilih untuk menyajikan makanan matang untuk keluarga.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.