Suaramuslim.net – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang konsen pada pengembangan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia pada tahun ini menetapkan 10 kabupaten/kota kreatif.

Dalam Keputusan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 83 tahun 2019 tentang kabupaten/kota kreatif Indonesia tahun 2019, Kepala Bekraf Triawan Munaf menyebutkan bahwa penetapan ini diperlukan untuk menumbuhkembangkan potensi sub sektor ekonomi kreatif di suatu wilayah.

“Kabupaten/kota kreatif ditetapkan dalam rangka pembangunan infrastruktur fisik sebagai cara untuk mempersatukan bangsa, membangun peradaban, mempercepat konektivitas budaya dan membangun infrastruktur budaya baru,” ujar Triawan dalam surat keputusan bertanggal 18 Juni 2019 itu.

Proses seleksi dan validasi dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari satuan tugas penilaian mandiri kabupaten/kota kreatif Indonesia (PMK3I) dan pembentukan kabupaten/kota kreatif Indonesia, asesor program PMK3I dan pembentukan kabupaten/kota kreatif Indonesia serta juri tamu.

Berikut 10 kabupaten/kota kreatif Indonesia tahun 2019. Apakah daerahmu termasuk? Mari simak selanjutnya.

1. Kabupaten Majalengka

Wisata Terasering Panyaweuyan, Majalengka.
Wisata Terasering Panyaweuyan, Majalengka. (Foto: Kumparan.com)

Kabupaten di provinsi Jawa Barat ini terpilih sebagai ekosistem ekonomi kreatif terbaik untuk kabupaten di pulau Jawa dengan sub sektor unggulan seni pertunjukan.

Baca Juga :  Hadis Bahaya Perbuatan Curang

2. Kota Malang

Alun-alun Malang.
Alun-alun Malang. (Foto: travelloratour.com)

Menyusul Majalengka, kita beralih ke Jawa Timur. Kota Malang berhasil menjadi ekosistem ekonomi kreatif terbaik untuk kota di pulau Jawa dengan sub sektor unggulan aplikasi dan pengembang permainan.

3. Kabupaten Kutai Kartanegara

Patung di depan Museum Mulawarman.
Patung di depan Museum Mulawarman. (Foto: indonesiadailynews.co)

Dari pulau Jawa berikutnya kita menuju daerah luar Jawa. Terletak di Kalimantan Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi ekosistem ekonomi kreatif terbaik untuk kabupaten di luar pulau Jawa dengan sub sektor unggulan seni pertunjukan.

4. Kota Palembang

Jembatan Ampera. (Foto: Palembangtourism.com)
Jembatan Ampera. (Foto: Palembangtourism.com)

Nah, selain Kutai Kartanegara, ada Kota Palembang yang juga ibu kota Sumatera Selatan yang terpilih sebagai ekosistem ekonomi kreatif terbaik untuk kota di luar pulau Jawa dengan sub sektor unggulan kuliner.

5. Kabupaten Rembang

Alun-alun Kota Rembang. (Foto: Kompasiana)
Alun-alun Kota Rembang. (Foto: Kompasiana)

Kita kembali ke pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah. Kabupaten Rembang yang terletak di pesisir utara menyandang predikat konservasi budaya (cultural conservation) pada sub sektor unggulan kriya.

6. Kota Surakarta

Bagian depan Keraton Surakarta Hadiningrat Solo.
Bagian depan Keraton Surakarta Hadiningrat Solo. (FotoL Travelspromo.com)

Masih di Jawa Tengah, ada kota Surakarta yang berhasil memenangkan kategori pengembangan ekosistem (ecosystem development) pada sub sektor unggulan seni pertunjukan.

Baca Juga :  Sudah Seratus Persen, Berikut Sepuluh Gubernur Baru Versi LSI

7. Kota Semarang

Lawang Sewu, Semarang.
Lawang Sewu, Semarang. (Foto: Piekniek.com)

Jawa Tengah masih menyumbang kota kreatif nih. Kota Semarang dipilih pada kategori pengembangan bisnis (business development) pada sub sektor unggulan fesyen.

8. Kabupaten Gianyar

Taman Saraswati, Gianyar
Taman Saraswati, Gianyar. (Foto: Wisatalengkap.com)

Berikutnya mari menuju Bali. Gianyar menjadi kabupaten dengan daya tarik global (global traction) pada sub sektor unggulan seni pertunjukan.

9. Kota Denpasar

Danau Beratan Bedugul, Bali.
Danau Beratan Bedugul, Bali. (Foto: kintamani.ic)

Masih di Bali, Denpasar terpilih menjadi kota kreatif Indonesia tahun 2019 dengan inovasi tata kelola pemerintahan (governance innovation) sub sektor unggulan fesyen.

10. Kota Balikpapan

Taman Bekapai, Balikpapan.
Taman Bekapai, Balikpapan.

Kota minyak yang terletak di Kalimantan Timur ini berhasil menjadi kota kreatif dengan inovasi berkelanjutan (sustainable development) sub sektor unggulan aplikasi dan pengembang permainan.

Berikutnya, kabupaten/kota kreatif terpilih akan difasilitasi dengan proses penguatan ekosistem ekonomi kreatif tahun anggaran 2019. Nah, apakah daerahmu ada di 10 kabupaten/kota kreatif tahun ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.