Gambar sayur pare. Foto: pixabay.com

Suaramuslim.net – Kamu tak suka sayur yang rasanya pahit, misalnya pare? Jika iya, maka kini mungkin ada baiknya kamu pertimbangkan lagi, karena ternyata sayur pahit memilki banyak manfaat lebih dari sayur lainnya.

Meskipun rasanya kurang disukai banyak orang, sayuran dengan rasa pahit ini memiliki berbagai kandungan zat dan gizi yang tidak dimiliki oleh sayur biasa. Sayur pahit disebut mampu memberikan manfaaat untuk pencernaan, meningkatkan sistem imun, dan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Apa saja sih manfaatnya? Suaramuslim.net akan memaparkan manfaat sayur pahit di bawah ini.

1. Mengandung banyak nutrisi

Sayuran pahit, khususnya yang berwarna hijau mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Lebih banyak ketimbang sayuran lainnya. Sayuran pahit berwarna hijau mengandung tinggi nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan K, selain itu juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Sayuran pahit juga tinggi folat, rendah lemak, dan rendah natrium sehingga baik untuk ibu hamil dan menyusui. Belum lagi kandungan antioksidannya yang ampuh cegah radikal bebas, tubuh jadi lebih sehat dan tak mudah sakit.

Baca Juga :  Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan, Haruskah?

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Di dalam tubuh kita memerlukan zat tertentu untuk memproses pencernaan makanan yang kita makan, zat tersebut dapat di temukan dalam beberapa makanan yang berasa pahit. Berbeda dengan manfaat kecap ikan dengan memakan makanan pahit dapat membantu untuk meningkatkan produksi enzim yang ada di dalam tubuh untuk mencerna makanan sehingga makanan yang kita makan akan cepat diserap oleh tubuh kita.

3. Mendukung proses detoksifikasi organ hati

Sayuran pahit akan memproduksi zat berupa fitonutrien yang mampu mendukung fungsi detoksifikasi alami melalui organ hati. Hal ini juga akan terdukung karena adanya enzim yang diproduksi sayur yang pahit tersebut.

4. Membantu tubuh menangkal pertumbuhan sel kanker

Pare dan sayuran pahit lainnya mengandung sulforaphane dan acetogenin yang bermanfaat untuk membunuh jaringan atau sel jahat di dalam tubuh, termasuk kanker. Mengonsumsinya secara teratur tentu baik untuk memblokir tubuh agar tak terserang kanker.

5. Menurunkan berat badan

Makanan pahit yang dikonsumsi dapat membantu perempuan yang ingin melakukan diet. Hal ini disebabkan karena rasa pahit yang terkandung dalam makanan tersebut menyebabkan rasa malas untuk mengonsumsi makanan yang lainnya sehingga dapat berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga :  Tren Wisata Kuliner

6. Baik untuk memelihara kesehatan kulit

Sebagian besar wanita menyukai hal-hal yang berkaitan dengan kecantikan. Namun masih banyak yang belum  mengetahui jika di sisi lain sayuran pahit terdapat manfaat untuk kecantikan kulit. Sayuran pahit mampu mengubah darah manis (pada penderita diabetes) lebih encer dan tidak menggumpal. Efeknya baik bagi kulit, di antaranya mempercepat proses penyembuhan luka, menghilankan bekas jerawat dan regenerasi kulit baru.

Nah, bagaimana ternyata banyak sekali manfaat yang ada dalam sayuran pahit seperti pare, daun papaya, sawi pahit, dan leunca. Sayuran pahit diatas semoga bisa menjadi solusi dan alasan agar tetap menyukai sayuran pahit. Tak hanya di sayur, makanan pahit pun bisa kamu dapatkan pada kulit jeruk, cokelat, dan teh hijau. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.