Inilah 5 Fakta Menakjubkan Umar bin Khattab

126
Umar bin Khattab, fakta Umar bin Khattab, sahabat Rasulullah

Suaramuslim.net – Umar bin Khattab radiallahu ‘anhu adalah sosok yang menjadi khalifah kedua sepeninggal Rasulullah SAW. Kisah hidupnya banyak yang dapat dijadikan teladan bagi umat muslim saat ini. Jauh sebelum menjadi khalifah yang begitu kuat menyebarkan Islam, ternyata Khalifah yang berjuluk Amirul Mukminin ini adalah seorang penentang Islam dan sangat membenci Rasulullah SAW.

Begitu besar kuasa Allah SWT hingga membuat Umar bin Khattab dapat menjadi hamba yang begitu mencintai Islam. Tak hanya itu, masih ada 5 fakta lain dari Umar bin Khattab yang sangat mengejutkan, yaitu:

1. Penduduk surga yang berjalan di muka bumi

Umar bin Khattab adalah salah satu sahabat yang begitu dekat dengan Rasulullah SAW. Dalam kesehariannya, banyak waktu yang dihabiskannya bersama Rasulullah SAW untuk berdakwah dan berjuang demi Islam. Dalam satu riwayat Nabi Muhammad SAW disebutkan bahwa Umar bin Khattab adalah penduduk surga yang berjalan di muka bumi.

Adapun di sebuah riwayat dari Said bin al-Musayyib bahwa Abu Hurairah berkata, ketika kamu sedang berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
“Sewaktu tidur, aku bermimpi seolah-olah aku berada di Surga. Kemudian aku melihat seorang wanita berwudhu di samping sebuah istana, maka aku bertanya, ‘Milik siapa istana ini?’ Mereka menjawab, ‘Milik umar’. Maka aku teringat akan kecemburuan Umar sehingga aku menjauhi istana itu”. Umar menangis dan berkata, “Demi Allah mana mungkin aku akan cemburu kepadamu wahai Rasulullah”. (HR. Bukhari).

2. Manusia yang ditakuti syaitan

Diriwayatkan dari ‘Aisyah r.a bahwa Rasulullah pernah bersabda, ”Sesungguhnya syaitan lari ketakutan jika bertemu Umar”. Dalam riwayat lain yang dijelaskan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau mengatakan jika syaitan berpapasan dengan Umar, maka mereka lebih baik memilih jalan lain. Rasulullah bersabda:
“Wahai Ibnul Khattab, demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah syaitan bertemu dengannmu di suatu jalan melainkan ia akan mengambil jalan yang lain dari jalanmu.” (HR. Bukhari, no.3480)

3. Membuat Islam semakin tangguh

Ketika masih menjadi kaum kafir, Umar bin Khattab terkenal di kalangan umat muslim sebagai orang yang sangat membenci Islam. Umar bin Khattab bahkan menjadi pemimpin terdepan jika berperang melawan umat muslim. Namun setelah memeluk Islam, Islam menjadi semakin kuat. Ia terkenal cakap dalam mengatur strategi perang sehingga pada zamannya hingga membuat Islam menyebar luas dengan pesat. Umar berhasil menguasai wilayah Samarkand hingga Libya bagian barat, kemudian seluruh wilayah Syam dan terus terbentang hingga wilayah selatan.

4. Umar adalah seorang yang mendapat ilham

Umar bin Khattab diberikan oleh Allah SWT ilmu pengetahuan yang begitu luas dan rasa ingin tahu yang tinggi. Ia memiliki kecerdasan yang luar biasa dan  mampu memperkirakan hal-hal yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Umar juga termasuk seorang yang mendapatkan ilham, perkataannya sering bersesuaian dengan wahyu. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam berkata, “Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian dari Bani Israil ada yang diberikan ilham walaupun mereka bukan Nabi, jika salah seorang dari umatku mendapatkannya, maka Umar lah orangnya ”. (HR. Bukhari).

5. Pengaruh pemikiran Umar terhadap perkembangan hukum Islam

Rumusan hukum dan metode istibath yang diperkenalkan oleh Umar dimungkinkan untuk dikembangkan secara dinamis, kreatif dan dapat dimodifikasi. Sejumlah sarjana yang berupaya menawarkan kemestian pemikiran ulang (re-thinking) atau tajdid dalam bidang pemikiran fiqh dan ushul fiqh dengan mencoba melihat metode Umar dengan melihat kontekstual dan relevan dengan kebutuhan masyarakat Islam modern.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here