Inilah 6 Strategi Marketing Online untuk Tingkatkan Penjualan Produk Kamu
Ilustrasi penggunaan ponsel pintar sebagai alat online marketing.

Suaramuslim.net – Di era dimana digital merajai, strategi berbisnis perlu terus di-upgrade. Agar bisnismu semakin besar, tentunya produk atau jasa yang Kamu tawarkan harus semakin dikenal publik. Melakukan strategi untuk pemasaran online yang tepat dapat menjadi jawabannya.

Kelancaran berbisnis perlu untuk memperhatikan beberapa instrumen. Bukan hanya modal, produk, dan investasi, tapi strategi marketing atau pemasaran untuk suatu produk juga diperlukan. Apalagi di era digital seperti ini, di mana hanya dengan beberapa klik, konsumen dapat memenuhi kebutuhannya.

-Advertisement-

Maka dari itu, strategi yang baik dan tepat dalam pemasaran secara face to face maupun online sangatlah diperlukan. Berikut adalah enam strategi pemasaran online yang dapat kamu lakukan, agar dapat meraup untung dan produk kamu semakin dikenal dikutip dari situs jawapos.

  1. E-mail Marketing

Strategi ini biasanya digunakan pada bisnis-bisnis online yang berbasis website. Konsumen perlu mendaftar dulu untuk melakukan transaksi ataupun mencari tahu informasi seputar produk yang dijual. Penggunaan e-mail biasanya untuk penawaran promo ataupun produk-produk baru yang dijual.

Baca Juga :  MUI Mengimbau Masyarakat Cerdas Gunakan Media Sosial di Bulan Ramadhan

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang juga menggunakan strategi ini. Misalnya saja amazon, alibaba, e-bay, dan tokopedia.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Dewasa ini para pebisnis giat mencari strategi pemasaran online yang pas. Ini dibuktikan dengan adanya istilah SEO. Sebuah teknik strategi pemasaran yang sangat tepat jika ingin digunakan pada bisnis tanpa memandang bisnis tersebut kecil, menengah ataupun besar.

Kamu dapat belajar ilmu SEO ini di berbagai sumber, jika tak punya cukup waktu kamu dapat menyewa jasa para pakar SEO untuk mengaplikasikan strategi ini pada bisnismu.

  1. Afiliasi

Jika kamu memiliki modal yang melimpah, strategi pemasaran online dengan bantuan afiliasi dapat menjadi pertimbangan. Meskipun mahal, tapi hasilnya cukup efektif dan dapat mengembalikan modal dengan cepat. Biasanya, ini dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan para public figure ataupun influencer yang kiprahnya sudah dikenal masyarakat luas.

  1. Sosial Media

Sosial media makin hari makin digemari dan ditilik oleh seantero masyarakat dunia. Sosial media ini dapat digunakan sebagai wadah untuk berbagai informasi mengenai produk yang kamu jual. Hampir setiap orang memiliki akun-akun sosial media, mereka akan banyak menghabiskan waktu untuk ini.

Baca Juga :  Tabiat dan Kebiasaan Muslim Millenial di Era Digital

Karena itu, strategi pemasaran online dengan memanfaatkan sosial media memiliki peluang besar untuk mendongkrak penjualan produkmu

  1. Media Partner

Jika cara di atas masih kurang mendongkrak penjualan produk, cara ini bisa menjadi alternatif. Kamu dapat memanfaatkan situs-situs e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Namun, jangan sembarangan memilih, kamu perlu memperhatikan mana situs e-commerce yang dikenal luas oleh publik.

  1. Periklanan

Google sudah memperkenalkan jasa pengiklannya yang disebut Google Adwords. Jaringan ini lebih efektif dalam meningkatkan lalu lintas pengunjung yang ingin melihat produkmu. Tak hanya Google Adwords, Youtube juga memiliki produk iklan yang dinamakan Youtube Adsense.

Memanfaatkan platform iklan online tersebut dapat menjadi strategi yang tepat untuk mengenalkan, menyebarluaskan serta mendongkrak penjualan produk.

Dengan hadirnya era digital dapat menjadi keuntungan bagi para pebisnis. Tak perlu menghabiskan banyak biaya dan waktu untuk memasarkan produk secara langsung. Memanfaatkan platform-platform digital dapat menjadi strategi pemasaran online yang tepat.

Kontributor: Ilham Prahardani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.