Inilah Model Hijab Kekinian

Inilah Contoh Model Hijab Kekinian

Suaramuslim.net – Berkembangnya fashion hijab tentu sangat memudahkan bagi muslimah untuk memilih berbagai mode hijab yang diinginkan. Berikut ini beberapa model hijab kekinian yang perlu diketahui.

Meskipun berbagai model hijab sudah tersedia, sebagai seorang muslimah, tetap harus memperhatikan kaidah syari dari hijab yang Anda pilih.

-Advertisement-

Hijab, secara bahasa memiliki arti penutup. Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan setiap muslimah untuk menutup auratnya dengan menggunakan hijab atau lebih akrab disebut kerudung atau khimar.

Allah ta’ala menyebutkan istilah khimar dalam firman-Nya, “Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menjulurkan khimar kedadanya…” (QS. An Nuur: 31)

Secara bahasa, khamara artinya menutupi, sedangkan makna khimar secara spesifik, adalah sebagai berikut,  “Khimar untuk wanita artinya kerudung. Sebagian ahli bahasa mengatakan, khimar adalah yang menutupi kepala wanita. Jamaknya akhmarah, atau khumr, atau khumur, atau khimirr.” (Lisaanul ‘Arab).

Ibnu Katsir menjelaskan makna khimar, “yaitu qina‘ (kerudung) yang memiliki ujung-ujung, yang dijulurkan ke dada wanita, untuk menutupi dada dan payudaranya” (Tafsir Ibni Katsir, 6/46).

Daily Bergo

Daily bergo adalah jenis hijab yang biasa digunakan di rumah atau pada situasi yang santai. Daily bergo biasanya terbuat dari bahan kaos pe, jersey maupun spandek. Bahan tersebut lebih sering digunakan karena sifat bahannya yang adem, sehingga akan sangat nyaman digunakan untuk beraktivitas di lingkungan rumah. Misalnya, untuk digunakan ke pasar, menyapu halaman rumah, berbelanja di warung tetangga maupun memasak.

Daily bergo dirancang dengan bentuk yang simpel agar tidak menyulitkan beraktivitas di dalam rumah dengan tetap mengenakan jilbab. Selain itu, juga akan mangantisipasi diri ketika tiba-tiba ada tamu bukan mahram yang datang berkunjung. Namun, jika Anda memilih menggunakan daily bergo, jangan lupa untuk memilih jilbab yang menutupi dada dan bisa menutupi lekuk tubuh anda.

Pasthan (Pasmina Instan)

Jika sebelumnya dunia fashion hijab muslimah diramaikan dengan warna-warni berbagai motif pasmina yang masih memanfaatkan jarum pentul dan peniti untuk mengaplikasikannya. Kini, para fashion stylish hijab telah menemukan inovasi baru berupa hijab pastan. Yaitu variasi dari pasmina, namun sudah tidak membutuhkan banyak jarum pentul atau peniti untuk pengaplikasiannya.

Khimar Instan Soft Pad

Bagi Anda yang memiliki pipi yang chubby, khimar model ini sangat tepat menjadi pilihan. Khimar ini sering disebut dengan pad antem (anti tembem). Dari asal katanya, soft pad berarti pad (pelapis di dahi) yang soft / lembut.  Bagian pad hanya dilapis kain tipis sehingga tetap bisa menyamarkan dahi, tapi tetap nyaman dipakai untuk sholat. Panjang pad sampai ke bawah dagu, sehingga bagian pipi juga akan sedikit tertutupi, menyisakan ruang oval untuk muka, sehingga akhirnya muka terlihat tirus.

Soft pad ini bisa diaplikasikan untuk jenis kain apa aja. Yang  sekarang menjadi trend adalah dari material bubble crepe, cerutti diamond, wolvis, baloteli dan kaos spandek.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here