Inilah Penyebab Berat Badan Terus Naik meski Rajin Olahraga

Suaramuslim.net – Diet yang baik dan tepat biasanya dibarengi dengan olahraga secara rutin. Namun, jika tidak mempertimbangkan beberapa hal olahraga menjadi sia-sia. Bukan berat badan ideal didapat, namun jarum timbangan yang semakin naik.

Olahraga merupakan solusi terbaik untuk mengurangi timbunan lemak jahat dalam tubuh. Untuk seseorang yang sedang berdiet, pola makan, asupan, serta intensitas olahraga dapat menentukannya mendapat berat badan ideal.

Dalam Islam, olahraga pun dianjurkan. Ini sesuai pendapat dari Imam Ibnu Qayyim al Jawziyyah dalam bukunya Zad al-Maad. Ia menekankan betapa pentingnya olahraga dan efeknya pada tubuh. Bagaimana olahraga memperkuat dan membentuk imunitas tubuh terhadap penyakit.

Meski rajin olahraga, tidak menjamin berat badan ideal. Ada beberapa penyebab yang sering diacuhkan dan membuat olahraga terasa sia-sia. Berikut adalah penyebab tersebut dikutip dari kompas.

Tidak Makan Sehat

Perihal makan selalu menjadi masalah jika tak diperhatikan baik-baik. Tak sedikit orang yang rajin olahraga, berpikir mereka bebas makan makanan tidak sehat. Mereka beranggapan yang dilakukannya pun tetap bisa menurunkan berat badan.

Baca Juga :  Waspadai Keganasan Kanker Lidah

Hal ini salah besar. Justru selain olahraga, mendapatkan berat badan ideal juga dibarengi dengan pola makan sehat seperti kata dr. John P. Salerno, pendiri The Salerno Center.

“Kamu tidak bisa hanya berolahraga namun pola makan jelek atau sebaliknya. Dua komponen itu digabungkan menjadi satu kesatuan,” imbuhnya.

Tidak Makan Cerdas

Selain pola makan yang mendukung, jenis makanan yang dipilih pun ikut mendukung mendapat berat badan ideal. Jangan sampai memilih makanan yang rendah kalori tapi jahat untuk tubuh. Jika begitu, malah akan membuat kita cenderung merasa lapar atau haus.

Kepala Pelatih Gizi dan Co-Founder NYC Health and Nutrition, Irina Popa-Erwin menerangkan bahwa menghitung kalori tidak selalu menjadi solusi terbaik menurunkan berat badan.

Yang paling penting diperhatikan adalah tubuh kita mendapat asupan protein yang cukup dari makanan. Dan protein tersebut sudah mencukupi angka kebutuhan gizi harian.

“Protein adalah nutrisi untuk mendukung otot kita,” jelasnya.

Makan Terlalu Banyak

Setelah pola makan dan asupan, porsi makan juga menjadi hal yang penting diperhatikan. Jumlah makanan yang dikonsumsi mempengaruhi kenaikan berat badan.

Baca Juga :  Diet yang Berkah dan Sehat

Umumnya, orang yang rutin berolahraga cenderung makan lebih banyak dari biasanya. Karena, menurut Salerno, olahraga meningkatkan rasa lapar. “Olahraga penting, tapi kebiasaan seperti ini bisa menjadi masalah,” tambahnya.

Sedangkan dalam Islam sendiri makan berlebihan memang tidak disukai oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Seperti dalam Al Quran surat Al A’raf: 31 yang berbunyi, “Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.”

Mendapat berat badan ideal memang tidak mudah. Diperlukan usaha dan kemauan keras untuk mencapainya. Kombinasi antara intensitas olahraga, pola makan, jenis asupan, dan porsi makan adalah cara terbaik. Jika tubuh sehat, aktivitas pun tidak terganggu, ibadah pun juga lancar.

Kontributor: Ilham Prahardani

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.