Jangan Khawatirkan Berat Badan, Inilah Tips Diet Kenyang

Suaramuslim.net – Selama ini diet terkenal dengan larangan mengonsumsi berbagai menu makanan enak hingga membuat seseorang tersiksa. Namun diet yang satu ini berbeda. “Diet Kenyang” justru memperbolehkan pelakunya untuk makan hingga kenyang. Bagaimana bisa? simak ulasan berikut ini.

Memiliki bentuk tubuh ideal dan langsing tentunya menjadi impian hampir semua wanita. Wanita mana yang enggak mau punya tubuh langsing? Bahkan untuk mendapatkan tubuh ideal, berbagai cara pun dilakukan, mulai dari olahraga rutin, diet ekstrim hingga melakukan operasi untuk membuang lemak.

Namun, untuk mendapatkan tubuh langsing, ternyata tidak perlu menahan keinginan untuk makan apalagi sampai melakukan operasi. Simak tips ‘diet enak’ di bawah ini. diet pun bisa dijalani dengan enak dan senang hati.

Dikutip dari tempo.co.id, Dewi Hughes, presenter televisi sejak tahun 2000, berbagi kiat tentang diet kenyang yang dijalaninya selama delapan bulan terakhir. Berkat diet kenyang, berat badan Dewi Hughes turun dari 150 kilogram menjadi 75 kilogram.

Ubah Mindset ‘Ingin Kurus’ Menjadi ‘Ingin Sehat

Pertama harus ditanamkan sebelum melakukan diet kenyang adalah membenahi pikiran atau pola pikir daripada menentukan apa yang boleh dan dilarang dimakan. Saat menerapkan diet kenyang, Dewi Hughes mewanti-wanti supaya pelakunya tidak berpikir ingin kurus.  “Tanya sama diri sendiri. Apa yang kamu inginkan? Kalau mau kurus, stop sampai di situ karena tidak ada yang bisa membuat kamu kurus,” ucap Dewi Hughes di kediamannya di Ciputat, Tangerang. Lantas, apa yang salah dengan punya keinginan bertubuh kurus?

Tanamkan Pada Diri, Sehat Itu Perlu – Kurus Itu Bonus

Dewi Hughes menjelaskan obsesi untuk memiliki tubuh kurus tidak harus dilakukan melalui diet kenyang yang dia jalani. “Karena kalau mau kurus, kita akan melakukan segala cara,” ucap Dewi Hughes. Keinginan untuk kurus harus diubah menjadi memiliki gaya hidup sehat. Kuncinya, Dewi Hughes melanjutkan, bukan mau kurus, tapi mau sehat. “Kurus itu bonus.”

Jangan Tergoda Saat Diet

Ketentuan berikutnya, Dewi Hughes mengingatkan jangan tergoda selama melakukan diet. “Kalau berat badan sudah turun, pasti kita tergoda. Kita akan ketatkan dietnya lagi. Makanan dan minuman dikurangi,” kata Dewi Hughes. Padahal sikap ini malah bisa membuat tubuh kekurangan vitamin dan merusak badan.

Terakhir, Dewi Hughes mengajak pelaku diet untuk berada dalam lingkungan sehat. “Mendekatlah dengan orang-orangnya yang bertujuan sama. Mereka mau hidup sehat, bukan mau langsing,” ucap Dewi Hughes.

Atur Pola Konsumsi Makanan

Setelah tiga tahapan awal itu dilalui, masuk ke fase berikutnya yakni mengatur pola konsumsi dan jenis makanan dan minuman. Ketika menjalani diet kenyang, Dewi Hughes memulainya dengan jus buah dan sayuran.

“Kalau rasain jus saya awal-awal, asli nggak enak. Saya beli kailan terus dikasih jeruk nipis, timun sama jahe,” kenang Dewi Hughes. Seminggu penuh, Dewi Hughes hanya minum jus buah dan sayur. Dewi Hughes meminumnya secara terus menerus hingga mencapai 1 liter.

Selanjutnya, Dewi Hughes mulai mengatur jenis makanan yakni dengan mengkonsumsi real food. Artinya, hanya menyantap makanan tanpa olahan, pengawet, kemasan, dan bumbu. “Semua yang datang dari alam saya makan. Mau itu daun-daunan, bunga-bungaan atau biji-bijian,” ujar Dewi Hughes.

Dewi Hughes menyantap real food dalam jumlah banyak. Hal ini dilakukan agar tubuhnya mendapat banyak vitamin. “Misalkan, satu tomat saja enggak bekerja, saya harus makan 6 tomat. Atau saya makan satu semangka,” ucap Dewi Hughes.

Makanan sebanyak itu juga dikonsumsi dalam rentang waktu yang singkat. Dewi Hughes kerap makan setiap 2 jam sekali. “Saya enggak tahan lapar jadi harus makan. Setiap 2 jam saya makan,” kata Dewi Hughes.  Namun, Dewi Hughes menolak menyebut diet kenyang sebagai  vegetarian karena dia tetap menyantap telur, daging, dan ikan yang murni.

Selain jus buah dan sayur, serta real food, Dewi Hughes juga mengingatkan pentingnya minum air putih. “Saya minum air putih banyak sekali. Bangun pagi, saya minum air putih. Itu bisa 1 sampai 1.5 liter. Saya juga suka air kelapa hijau,” tutupnya. (muf/smn)

Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan
Bagikan