Inilah Tips Menghindarkan Diri dari Zina

Suaramuslim.net – Perkembangan zaman semakin lama semakin pesat, memberi kemudahan untuk mengakses apapun dengan cara instant, termasuk hal-hal yang berbau zina. Kita seolah dikepung informasi yang bersinggungan dengan zina. Berikut tips untuk menghindarka diri dari zina.

Saat ini seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi- aplikasi yang begitu mudahnya kita akses atau kita unduh dalam handphone kita, seperti youtube, facebook, whatsapp, twitter, dan lain sebagainya akan memudahkan kita saling bertukar video, gambar, serta berita.

Aplikasi yang memberikan kemudahan berkomunikasi, akan membuka pintu lebar dalam melakukan perbuatan zina. Dalam tulisan suaramuslim.net lalu, telah dijelaskan bahwa zina bukan hanya melakukan jima’ kepada bukan pasangan syar’i, namun ada juga perbuatan lain yang juga tergolong zina. Antara lain, zina mata (ain), zina hati (qalbi), zina ucapan (lisan), dan zina tangan (yadin).

Cara Menghindarkan Diri Dari Dosa Zina

Sebagai manusia yang kadar keimanannya lemah, maka akan sulit sekali meredam gelora nafsunya dengan baik sesuai dengan tuntunan Agama. Potensi untuk melakukan hal- hal yang dilarang agama ternyata tidak kenal waktu, tempat dan usia. Meski sudah ada ikatan pernikahan kadangkala masih belum mampu meredamnya.

Untuk menyelamatkan umatnya, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memberikan cara lain, dengan tujuan agar umatnya selamat dunia dan akhirat serta bahagia di dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari. Berikut ini adalah cara bagaimana agar kita bisa terhindar dari dosa zina,

  1. Menumbuhkan Rasa Takut akan Adzab Allah

Salah satu cara menjauhi zina adalah dengan menumbuhkan rasa takut akan adzab Allah. Ingatlah bahwa Allah selalu mengawasi kita di mana pun kita berada. Allah akan membalas semua hal yang kita lakukan. Kebaikan akan berbalas kebaikan pun keburukan akan berbalas keburukan. Inilah janji-Nya. Jadi sudah sepantasnya kita untuk terus berhati-hati dalam bersikap. Jangan sampai kita terjerumus dan larut dalam hal-hal yang Allah tidak sukai, salah satunya zina. Tumbuhkanlah dalam diri rasa takut kepada Allah, agar ketika kita ingin melakukan suatu hal yang buruk kita teringat akan adzab-Nya yang pedih. Selain akan dibalas di akhirat, perbuatan zina juga berdampak langsung bagi pelakunya di dunia.

  1. Mengingat dampak dan bahaya dari perbuatan zina

cara menjauhi zina salah satunya adalah dengan mengingat dampak dan bahaya dari perbuatan zina itu sendiri, tidak hanya bagi dirinya namun juga pada orang lain, seperti keluarga, ayah, ibu, maupun saudara-saudara. Dengan mengingat perihal ini kita akan berpikir ulang jika ingin melakukan zina. Pikirkan apa yang kelak akan orang lain pikirkan terhadap kita dan keluarga kita jika melakukan berzina. Tentu kita tidak ingin nama baik kita dan keluarga tercemar kan. Apalagi, kita harus mempertanggungjawabkan semuanya kelak dihadapan Allah. Ingatlah bahwa Allah selalu mengawasi kita dimanapun kita berada. Jadi, alangkah baiknya jika kita bisa menjaga diri dari perkara ini.

  1. Hindari mendekati tempat-tempat maksiat yang dapat memberikan peluang dan kesempatan untuk berzina. Sekali kita melangkah masuk ke tempat tersebut, akan sulit untuk berpaling dari beragam kemaksiatan.
  2. Jangan mendekati hal-hal yang menjurus kepada perbuatan zina, seperti berduaan dengan lawan jenis yang bukan mahram, atau membuka situs-situs yang berpotensi mendekatkan diri dari perbuatan zina, berkumpul dengan para pelaku zina, dan seterusnya. Mendekati hal-hal yang menjurus kepada zina akan menyebabkan orang tersebut terobsesi untuk melakukan perzinaan.
  3. Memilih teman bergaul yang saleh dan tidak suka mengunjungi tempat-tempat maksiat. Sebab, teman yang saleh akan menebarkan kebaikan kepada temannya, serta selalu mengingatkan tentang bahaya perzinaan.
  4. Menambah ilmu pengetahuan agama dengan menghadiri majelis-majelis taklim. Selain itu, kita juga perlu mengunjungi orang-orang saleh yang akan mengingatkan diri untuk selalu waspada terhadap godaan nafsu dan jebakan ilusi setan dalam perzinaan.
  5. Membaca buku-buku keislaman yang secara spesifik mengingatkan pembacanya mengenai bahaya perzinaan. Dengan memahami bahayanya, seseorang akan menyadari pentingnya menghindari zina dalam kehidupan bermasyarakat.
  6. Membaca Al-Quran sambil merenungi tafsirnya, mengindahkan sabda-sabda Nabi, dan mendengarkan nasihat ulama tentang pentingnya menjauhi segala macam dosa, termasuk berzina dan mendekati zina.
  7. Berpuasa dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan menjaga diri dari perbuatan zina. (yet/smn)

Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan
Bagikan