Irak, Kawasan Lahirnya Peradaban

0
29
Irak, Kawasan Lahirnya Peradaban

Suaramuslim.net – Irak yang dikenal sebagai Mesopotamia ini menjadi tempat kelahiran peradaban pertama dunia. Selain itu juga, Irak diyakini sebagai pusat peradaban tertua di dunia, oleh bangsa Sumeria.

Mesopotamia diyakini oleh para ahli sejarawan sebagai peradaban yang pertama dan sebagai pembentuk suatu sistem serta pengetahuan. Kawasaan di lembah sungai Eufrat dan Tigris di bagi secara alami menjadi dua kawasaan yaitu Mesopotamia atas dan Mesopotamia bawah (Babilonia). Kedua kawasan tersebut yang menjadi awal mula munculnya suatu peradaban (sosial-budaya) dan munculnya suatu sistem pemerintahaan (politik), serta munculnya sistem kepercayaan (agama).

Mesopotamia menjadi pusat akulturasi terbesar yang pernah ada karena telah terjadi migrasi besar ke arah Mesopotamia dari berbagai arah seperti Arab dan Mesir. Mesopotamia mengalami pertumbuhan kebudayaan yang melahirkan banyak perkampungan kemudian berubah menjadi kota-kota kecil di sepanjang Mesopotamia seperti Erech, Eridu, Lagash, Ur, Nippur dan yang lainnya, ada yang menyebutkan sekitar  abad 3500 SM dan ada juga yang berpendapat sekitar 4000 tahun SM.

Republik Irak (Al-Jumhuriyah Al-Iraqiyah) telah mewarisi kawasan Mesopotamia yang terletak di antara Sungai Eufrat dan Sungai Tigris serta memiliki catatan sejarah panjang peradaban manusia sejak sekitar 5000 Sebelum Masehi (SM). Berbagai bangsa di dunia telah membangun peradaban besar dan sejarah panjang di kawasan Mesopotamia seperti bangsa Sumeria, Akkadia, Babilonia, dan Assyiria. Sedangkan bangsa-bangsa lainnya berhasil menguasai wilayah ini seperti bangsa Persia, Makedonia, Arab, Mongol, Persia, hingga Turki.

Dalam buku berjudul Kisah di Balik Perang Teluk 1990 – 1991 (2014: hlm. 47-50) karya Yussuf Solichien, tertulis bahwa Charles Tripp menulis dalam bukunya, A History of Iraq, tentang kata Iraq yang berasal dari kata Al-Iraq yang berarti tanah pinggiran di sepanjang sungai, termasuk tanah penggembalaan di sekitar pinggiran sungai itu. Terminologi Irak telah digunakan oleh ahli geografi Arab sejak abad VIII Masehi. Mereka melihat kenyataan bahwa geografi Irak merupakan tanah datar yang luas di sepanjang Sungai Eufrat dan Sungai Tigris. Sedangkan Bangsa Eropa mengenalnya dengan nama Mesopotamia.

Wikipedia menyebut Republik Irak dengan ibukota Baghdad adalah negara Arab merdeka, yang terletak di ujung timur laut Teluk Arab. Luas wilayahnya mencapai 437.072 kilometer persegi. Irak  berbatasan dengan Turki di sebelah utara, dengan Iran di sebelah timur, dengan Suriah dan Yordania di sebelah barat, dan dengan Arab Saudi dan Kuwait di sebelah selatan. Bisa dibilang, Irak tak punya laut, kecuali sebuah celah sempit di ujung tenggara, dekat Kuwait dan Iran. Dari tempat inilah, ekspor minyak Irak dikapalkan. Berlokasi di bagian timur dari wilayah Bulan Sabit Subur.

Di bawah Dinasti Sassanid Persia, ada wilayah yang dinamai “Erak Arabi” yang merujuk ke bagian dari wilayah barat daya Kekaisaran Persia, yang kini merupakan bagian dari Irak selatan. Al-Iraq adalah nama yang digunakan oleh orang-orang Arab sendiri untuk daerah ini sejak abad ke-6. (yet/smn)

SHARE
Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.