Jangan Berkata Seandainya

Suaramuslim.net – Islam mengajarkan untuk tidak mengatakan “Seandainya”. Artinya, kita diajarkan untuk sebaik mungkin dalam mencari informasi dan mengambil keputusan, yang tidak menjadikan kita menyesali keputusan yang telah diambil. Hal ini dapat kita lihat dari hadis berikut:

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Bersungguh-sungguhlah dalam mencari apa yang bermanfaat bagimu, dan mohonlah pertolongan kepada ALLAH (dalam segala urusanmu), dan janganlah sekali-kali kamu bersikap lemah, dan jika kamu tertimpa suatu kegagalan, maka janganlah kamu mengatakan : “seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini atau begitu“, tetapi katakanlah: “ini telah ditentukan oleh ALLAH, dan ALLAH akan melakukan apa yang Ia kehendaki”, karena kata “seandainya” itu akan membuka pintu perbuatan setan.” (HR. Muslim)

Berkata seandainya menjadikan kita tidak mampu melangkah maju, tetapi malah mencoba kembali ke masa lalu dan mencari kambing hitam. Masa lalu bukanlah hal yang hanya diratapi kegagalannya, namun menjadi pembelajaran bagi mereka yang selalu berpikir ke depan. Selalu semangat menjalani masa depan.

Baca Juga :  Dont Judges a Book by Its Cover (1)

Penulis: Dr Gancar C. Premananto*

*Koordinator Program Studi Magister Manajemen FEB Universitas Airlangga Surabaya

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.