Jawa Timur Siap Membuka Kembali Tempat Wisata Saat New Normal

Jawa Timur Siap Membuka Kembali Tempat Wisata Saat New Normal

Landmark Kota Surabaya. Foto: lamudi.co.id

Suaramuslim.net – Siapa yang sudah kangen liburan? Travelling dan menikmati keindahan belahan dunia. Ada angin segar nih buat kalian pecinta travelling, Jawa Timur siap membuka tempat wisata, lho.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur menyebut ada enam daerah yang siap membuka pariwisata saat penerapan new normal atau kenormalan baru.

Enam daerah itu ialah Banyuwangi, Batu, Blitar, Pacitan, Kota dan Kabupaten Malang.

1. Banyuwangi paling siap hadapi new normal

Dari enam daerah tersebut, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menyatakan diri siap membuka wisata dengan konsep new normal. Sementara Kota Batu yang dikenal sebagai kota wisata juga sedang menyiapkan bersama Kota dan Kabupaten Malang.

“Banyuwangi kemarin melaporkan sudah siap. Kota Batu, setelah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tidak diperpanjang mulai mempersiapkan sebaik-baiknya,” ujar Kepala Disbudpar Jatim, Sinarta, Kamis (4/6).

2. Disbudpar ingatkan protokol kesehatan

Sebelum wisata new normal dibuka di enam daerah itu, Sinarta mengingatkan perihal protokol kesehatan. Tak hanya itu, Standard Operational Procedure (SOP) khusus juga harus disiapkan serta disosialisasikan. Termasuk penyediaan tempat cuci tangan, pengukur suhu tubuh, hand sanitizer dan layanan kesehatan

“Semua pengelola wisata, baik wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan harus mengikuti dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan,” kata Sinarta.

3. Akan kirim tim untuk cek langsung kesiapan

Nantinya, lanjut Sinarta, Disbudpar Jatim akan menerjunkan tim untuk mengecek kesiapan wisata new normal di enam daerah tersebut.

“Kami akan mengecek, kami akan lihat bagaimana sarana prasarananya, SDM-nya, juga tata laksana di masing-masing tempat wisata yang diusulkan masing-masing pemda,” dia menambahkan.

“Kalau sudah dipastikan bahwa para pengelola wisata ini siap membuka tempatnya, kami akan maksimalkan di bidang pemasaran. Kami pikirkan bagaimana meyakinkan wisatawan untuk datang,” ucapnya.

Sumber: Idntimes

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!