Suaramuslim.net – Setiap manusia membutuhkan makanan yang akan berubah menjadi energi untuk aktivitas sehari-hari, namun makan berlebih ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Karena kita semua tahu, apabila yang berlebihan itu tidak baik. Mereka yang memiliki pola makan berlebihan beresiko menderita penyakit kolesterol tinggi, sehingga memungkinkan seseorang terserang darah tinggi, serangan jantung, maupun stroke di usia muda.

Faktanya, makan berlebihan dianggap sebagai gangguan, ada bahaya kesehatan tertentu karena apabila kamu melakukannya. Selain itu, juga menyebabkan masalah pada fisik dan emosional seseorang. Dikutip dari beberapa sumber, dalam keadaan sedih atau marah, bahkan saat merasa sangat lapar, kamu tak sadar kalau kamu makan berlebihan. Apa sih bahayanya makan berlebihan?

1. Menghambat pertumbuhan psikologis dan kecerdasan

Nafsu makan yang berlebihan akan menghambat proses perkembangan psikologis dan juga kecerdasan pada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Ini daoat terjadi karena banyaknya zat yang terkandung pada makanan seperti MSG, pewarna makanan, pengawet makanan yang sangat tidak baik bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

2. Perut buncit

Yang ini sih sudah jelas. Perut kamu jadi buncit karena banyak banget makanan yang masuk ke dalam tubuh. Duduk juga jadi nggak nyaman karena perut menggencet bagian tubuh lainnya. Selain nggak nyaman, buncit gara-gara kebanyakan makan juga memalukan.

3. Obesitas

Kalau bahaya yang satu ini, kamu pasti sudah tahu. Makan yang berlebihan akan menumpuk lemak dalam tubuh. Apalagi jika kamu malas bergerak. Kegemukan yang berujung pada obesitas adalah efek negatif pertama dari makan berlebihan. Dan seperti diketahui, makan berlebihan akan menyebabkan masalah kesehatan, termasuk jantung dan kolesterol.

4. Banyak gas tersimpan dalam tubuh

Saat kamu makan banyak makanan, kamu menelan udara bersaman. Dan ketika kamu menelan lebih banyak makanan, kamu menelan lebih banyak udara.

Udara ini dapat meningkat jika kamu minum minuman berkarbonasi saat makan. Tubuh juga menghasilkan gas ketika makanan dicerna. Tak heran jika akan banyak gas yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

5. Bau mulut

Makan berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan masalah bau mulut. Namun sebenarnya, bau mulut bukanlah hal yang umum terjadi, hanya saja dalam kasus tertentu ada saja orang yang punya kecenderungan untuk punya masalah bau mulut setelah terlalu banyak makan.

6. Mudah merasa gelisah

Ada kepercayaan umum bahwa kebanyakan makan bisa membuat kamu mengantuk, tetapi kenyataannya adalah jika kamu makan berlebihan, bisa membuat kamu merasa gelisah dan tidak bisa tidur.

Jika makanan yang kamu makan tinggi karbohidrat (seperti pasta atau pai), bahkan jika kamu tertidur tepat waktu, pada malam hari ketika kadar gula dalam tubuh turun, kamu mungkin bangun lapar lagi.

Hal terbaik yang harus dilakukan untuk menghindari situasi seperti ini adalah berhenti makan sebelum tidur. Tetapi jika kamu sudah melakukan kesalahan, maka membuat kamar gelap dan menyalakan AC bisa membantu kamu untuk tidur dan meredakan kegelisahan.

7. Mudah jengkel dan sulit berkonsentrasi

Merasa gugup dan jengkel atau mengalami kesulitan berkonsentrasi bisa terjadi setelah makan berlebihan atau kebanyakan makan. Pasalnya saat kamu makan berlebihan, tubuh melepaskan hormon insulin untuk menyimpan kelebihan gula.

Kelebihan gula ini akan digunakan oleh tubuh ketika gula darah kamu rendah atau ketika kamu membutuhkan lebih banyak energi di antara waktu makan atau selama olahraga. Kondisi ini menyebabkan kadar gula dalam tubuh turun drastis, memberi kamu semua jenis perasaan tidak menyenangkan yang tidak diinginkan.

8. Mengantuk

Makan terlalu banyak dapat membuat mengantuk dikarenakan usus akan bekerja keras untuk mencerna makanan yang berlebih dan darah dialihkan dari otak untuk membantu proses tersebut. Makanan juga mempengaruhi produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu untuk cepat tertidur.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.