Kriteria Khusus Pemimpin dalam Islam

Kriteria Khusus Pemimpin dalam Islam

Suaramuslim.net – Memilih pemimpin ternyata tidak hanya bagian dari urusan dunia, namun juga akhirat. Untuk itu, pemimpin yang dipilih tentu harus memiliki sifat-sifat kepemimpinan yang memadai. Bagaimana sifat-sifat yang harus dimiliki oleh pemimpin?

Mari memutar kembali ingatan kepada sejarah, bahwa Islam memiliki sosok pemimpin yang sempurna dengan sifat-sifat utamanya yaitu Rasulullah shalallahi alaihi wa sallam. Senada dengan hal ini, Guru Besar Agama Islam IPB Bogor Prof. Dr. KH. Didin Hafihuddin MS juga menjelaskan beberapa karakter pemimpin menurut Al Qur’an yang juga dimiliki oleh Rasulullah shalallahi alaihi wa sallam sebagai pemimpin umat Islam  kala itu.

Kiai Didin yang juga Direktur Pasca Sarjana Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, Jawa Barat, lalu membahas Al Qur’an Surah Al Maidah ayat 55. “Dalam ayat ini Allah subhanahu wa ta’ala menegaskan ada empat syarat seseorang layak dipilih sebagai pemimpin. Persyaratan ini berlaku dalam memilih seorang pemimpin di level apa pun,” tutur Kiai Didin yang dikutip republika.co.id.

Beriman pada Allah

Pertama, kata Didin, beriman kepada Allah (Mukmin) dan beragama Islam (Muslim) yang baik. “Yakni seorang Muslim yang memiliki dua sifat, seperti disebutkan dalam Al Qur’an Surah Yusuf ayat 55, “hafizhun ‘alim”,” papar Didin yang juga seorang pakar ekonomi syariah.

Baca Juga :  Jangan Lupakan Doa Ini Sebelum Salam

Hafizhun”, kata mantan Ketua Umum Baznas tersebut, artinya adalah seorang yang pandai menjaga. Yakni, seorang  yang punya integritas, kepribadian yang kuat, amanah, jujur dan akhlaknya mulia, sehingga patut menjadi teladan bagi orang lain atau rakyat yang dipimpinnya.

Adapun “’Alim”, kata Didin, artinya adalah seorang yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai untuk memimpin rakyatnya dan membawa mereka hidup lebih sejahtera.

Rajin Menunaikan Shalat

Syarat kedua untuk menjadi seorang pemimpin menurut Al Qur’an, kata Didin, rajin menegakkan shalat. Sebab, shalat adalah barometer akhlak manusia. “Pemimpin yang baik dan layak dipilih adalah pemimpin yang menegakkan shalat. Shalat melahirkan tanggung jawab. Kesadaran keimanan/ tauhid/ transendental dibangun melalui shalat,” tutur Didin.

Gemar Bersedekah dan Berzakat

Syarat ketiga untuk menjadi seorang pemimpin menurut Al Qur’an, ujar Didin, gemar menunaikan zakat dan sedekah. “Zakat itu bukan membersihkan harta yang kotor, melainkan membersihkan harta kita (harta yang bersih) dari hak orang lain,” kata Didin.

Didin mengemukakan, seorang pemimpin yang rajin berzakat dan berinfak, tidak akan korupsi. ”Sebab dia yakin Allah sudah menjamin rezekinya, dan sesungguhnya rezeki yang halal lebih banyak daripada rezeki yang haram. Kalau sudah yakin seperti itu, untuk apa melakukan korupsi yang sangat dibenci Allah?”  tegas Didin.

Baca Juga :  Dapatkah Zakat Mengatasi Kemiskinan?
Berjama’ah

Adapun syarat pemimpin yang keempat menurut Al Qur’an, kata Didin, adalah suka berjamaah. “Artinya suka bergaul dengan masyarakat, berusaha mengetahui keadaan rakyatnya dengan sebaik-baiknya, dan mencarikan jalan keluar atas persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakatnya,” ujarnya.

Sifat suka berjamaah atau memperhatikan masyarakat ini, Didin menambahkan, ditunjukkan dalam shalat fardhu berjamaah. Rasulullah setiap selesai shalat fardhu berjamaah lalu duduk menghadap kepada jamaah. Hal itu, kata Didin,  bertujuan untuk mengetahui kondisi jamaah, termasuk memperhatikan apakah jumlah jamaah tersebut lengkap atau tidak. Kalau ada yang tidak hadir shalat berjamaah, ditanya apa penyebabnya. Kalau ternyata orang tersebut sakit, Rasulullah bersama para sahabatnya lalu menjenguk orang yang sakit tersebut.

“Semangat berjamaah atau memperhatikan masyarakatnya inilah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Semangat berjamaah  inilah dan tiga syarat lainnya yang diuraikan di atas, yang harus dijadikan kriteria bagi masyarakat dalam memilih seorang pemimpin,” tutupnya.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.