Doakan Saudaramu
Ilustrasi menengadahkan tangan. (Ils: Istimewa)

Suaramuslim.net – Saudaraku yang mulia, kita berjumpa kembali dengan hari Jumat yang berharga. Mari sejenak merendahkan diri, meresapi makna ayat suci ini.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ أُولَٰئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.” Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (Al-Baqarah 155-157).

Ikhwah fillah…

Cukup banyak musibah dan ujian yang Allah izinkan menimpa kita. Tidak ada cara paling jitu menghadapinya selain kita memperkuat iman dan kesabaran.

Menguatkan iman berarti menambah ilmu Islam, meningkatkan ibadah, memperbaiki akhlak, memperbanyak amal, dan menjauhi dosa. Menguatkan iman berarti menguatkan jiwa. Menguatkan iman bukan hanya berfungsi untuk meraih kebahagiaan saat ini, tapi juga berfungsi sebagai persiapan untuk menghadapi kenyataan hidup yang mungkin akan lebih banyak diwarnai kesulitan fisik dan penderitaan duniawi.

Ketika ada derita menerpa, musibah menimpa, rasa malu yang menghinakan, saat itulah iman akan membuktikan kualitas dan efektifitasnya.

Banyak orang yang tidak siap kehilangan harta benda.
Banyak orang yang tidak siap kehilangan orang tercinta.
Banyak orang yang tidak siap rugi, gagal, sakit atau dihina.
Banyak yang tidak siap dimutasi atau dipecat dari tempat kerjanya.
Banyak yang tidak siap untuk pensiun.

Maka ketidaksiapan itu kadang mengakibatkan perbuatan dosa, perbuatan negatif dan bahkan terserang penyakit.

Jaga iman, perkuat kesabaran.
Ramadan adalah bulan untuk memperkuat iman dan kesabaran!

Ramadhan karim.
Ramadhan Mubarak.

Ya Rahman.
Bimbing kami, karuniakan kami kekuatan iman dan kesabaran. Aamiin.

Renungan Jumat
22 Ramadan 1441 H

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.