Laznas BMH: Pengelolaan Dana Zakat Semakin Produktif

Laznas BMH: Pengelolaan Dana Zakat Semakin Produktif

Laznas BMH: Pengelolaan Dana Zakat Semakin Produktif
Konferensi Pers Laznas BMH (Foto: istimewa)

JAKATA (Suaramuslim.net) – Ramadhan 1440 H tinggal menghitung hari. Beragam persiapan dan agenda kegiatan, termasuk ibadah dan amal kebaikan menjadi satu keniscayaan bagi segenap umat Islam, termasuk di dalamnya menunaikan rukun Islam, membayar zakat.

Laznas BMH dengan program utama dakwah dan pendidikan selama ini terus berkiprah dan bergerak, terutama di wilayah pedalaman, kepulauan, dan perbatasan karena zakat kaum Muslimin.

Terkait hal tersebut, Laznas BMH menggelar konferensi pers, Jumat (3/5) dalam rangka menyampaikan kepada publik perihal amanah dana zakat yang mereka kelola, terutama sisi pendayagunaan yang berupa pemberdayaan dalam aneka ragam program yang secara nyata telah mendorong terjadinya perubahan dan pembangunan secara berkesinambungan.

“Salah satu program yang mendapat perhatian tinggi kaum Muslimin dan korporasi adalah dai tangguh. Program yang secara langsung menyentuh aktivitas inti para dai di pedalaman, perbatasan, kepulauan dan daerah terpencil serta pinggiran untuk di kota-kota,” kata Direktur Utama BMH, Marwan Mujahidin di Jakarta.

Ia menambahkan, dana zakat, infak, dan sedekah telah berkontribusi bagi lahirnya energi perubahan masyarakat Indonesia yang boleh dibilang belum menikmati pemanfaatan perkembangan teknologi secara memadai.

“Lebih-lebih dai tangguh yang bertugas membina suku terasing, sudah barang tentu, bukan lagi tidak ada fasilitas, keluar masuk hutan adalah pekerjaan hariannya,” ujarnya.

Hal itu dilakukan misalnya oleh dai tangguh BMH di Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Jambi, NTT, dan Banten.

“Hari ini, kami mengundang dai tangguh dari Maluku Utara, Ustaz Nur Hadi yang setiap harinya membina masyarakat terasing di hutan Halmahera dan mereka belum mengenal pakaian,” tuturnya.

Marwan mengemukakan, masih banyak program BMH lainnya yang secara nyata telah melahirkan gerakan perubahan di tengah-tengah masyarakat.

“Pada Ramadhan 1440 H, Laznas BMH dengan tagline Ramadhan Raih Pahala Terbaik, mengajak seluruh kaum Muslimin untuk terus berlomba-lomba dalam kebaikan yang tidak saja mendatangkan pahala bagi kehidupan sendiri, namun juga mendatangkan maslahat besar di tengah-tengah kehidupan umat. Ramadhan Raih Pahala Terbaik,” papar Marwan Mujahidin.

Zakat Semakin Mudah

Merespons perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, Laznas BMH menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk memudahkan siapa pun membayar zakat.

Bahkan seiring dengan perubahan pola belanja masyarakat dari off line ke online, BMH hadir menyediakan fitur mudah di gadget, sehingga belanja pun bisa sembari beramal.

“Harapannya itu semua dapat memudahkan para donatur dan socialpreneur dari lembaga kemanusiaan dan lembaga penghimpun dana umat dalam aktivitas sosial dan kemanusiaannya, baik untuk zakat, infak, wakaf, atau donasi lainnya.” Tegas Marwan Mujahidin.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!