Makanan Khas Bali untuk Traveler Muslim
Satu di antara makanan khas Bali, pie susu. (Foto: @piesusubliman/Instagram)

Suaramuslim.net – Siapa yang tidak tahu Bali, pulau dengan segala keindahan alam dan budayanya. Keindahannya tersebut berhasil menarik wisatawan lokal maupun internasional. Selain keindahan alamnya, mayoritas penduduk Bali yang beragama Hindu juga memiliki kebudayaan yang unik. Kuliner yang beragam juga menjadi poin plus yang menjadikan Bali sebagai primadona pariwisata Indonesia.

Bagi Kamu, traveler muslim yang ingin berpergian ke Bali, perlu selektif dalam memilih makanan. Kuliner Bali identik dengan olahan babi, karena mayoritas penduduknya beragama Hindu. Orang Hindu percaya jika sapi merupakan hewan yang suci dan tidak boleh disembelih, sehingga menjadikan daging babi sebagai konsumsi daging utama. Nah, jangan khawatir, berikut saya akan mengulas makanan khas Bali yang halal bagi traveler muslim.

  1. Pie Susu

Pie satu ini sangat populer bagi para wisatawan. Pie susu adalah kue yang terdiri dari kulit kue kering dan keras, namun di bagian tengahnya terdapat fla susu yang sangat lembut. Bahan baku dari makanan ini tentu saja adalah susu sapi yang dijamin kehalalannya.

  1. Nasi Tekor
Baca Juga :  Inilah Alasan Mengapa Bali Dipilih Raja Salman Sebagai Destinasi Wisata

Tekor dalam bahasa Bali adalah pincuk atau alas makan yang terbuat dari daun pisang. Nasi tekor terdiri dari semangkuk kuah garangasem (kaldu ayam), jukut (sayur) gonde dan ares (batang pohon pisang) yang menggunakan daging bebek, serta lawar biu (pisang) batu yang dirajang, serta dilengkapi dengan sate lilit ayam. Penyajian yang tradisional dan sederhana menjadikan nasi Tekor menjadi hidangan yang diminati para traveler.

  1. Ayam Betutu

Hidangan satu ini merupakan olahan ayam utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Ayam betutu merupakan makanan khas Gilimanuk. Penggunaan rempah-rempah yang beragam seperti bawang merah dan putih, serai, kunyit, kemiri, lengkuas, jahe, dll membuat rasanya gurih dan enak.

  1. Rujak Bulung

Rujak Bulung merupakan kudapan yang mengombinasikan rumput laut dan kuah pindang. Cita rasa khas yang dihasilkan dari perpaduan segarnya rumput laut, cabe rawit, terasi, kunyit, parutan kelapa muda, dan kuah pindang membuat para pelancong tertarik untuk menikmatinya.

  1. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo ini mirip dengan nasi kucing. Porsi nasinya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa yang dilengkapi dengan ayam suwir atau daging sapi, mi, juga sambal yang pedas. Bungkusan daun menimbulkan bau wangi yang menggiurkan.

Baca Juga :  Berwisata ke Kampung Islam di Bali

Itulah lima makanan khas Bali yang cocok untuk traveler muslim yang sedang berlibur di Pulau Dewata. Rasanya tidak puas jika sudah berkunjung ke tanah orang, tapi tidak mencicipi kudapan khasnya. Namun, sebagai traveler muslim, kita harus pintar-pintar memilih makanan yang halal di tempat yang minoritas kaum Islam. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.