Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Ilustrasi sendok, garpu, dan piring. Ils: nu.or.id

Suaramuslim.net – Puasa, baik karena kewajiban keagamaan maupun alasan kesehatan, memiliki berbagai manfaat bagi fisik dan mental. Efek puasa yang paling kamu kenal mungkin adalah berat badan turun. Tetapi manfaat puasa bagi kesehatan sebenarnya lebih dari itu.

Apa saja pengaruhnya yang paling utama bagi tubuh dan kesehatan mental kita?

1. Berat badan menurun

Manfaat yang paling terasa dari puasa memang adalah perubahan pada berat badan. Tidak makan dan minum sama sekali lebih dari 12 jam tentu akan membuat berat badan kamu berkurang. Namun, hal sebenarnya yang bisa membuat berat badanmu berkurang saat berpuasa adalah pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh.

Jadi, makanan yang terakhir masuk ke dalam tubuh sebelum kamu mulai puasa bisa membuat tubuh bertahan tanpa asupan selama kira-kira 8 jam.

Setelah semua makanan selesai dicerna, tubuh akan menggunakan simpanan gula yang terdapat dalam hati dan otot untuk menghasilkan energi. Setelah gula selesai digunakan, lemak akan menjadi sumber energi berikutnya untuk diolah menjadi energi. Nah, inilah yang dapat mengurangi berat badan.

2. Mengurangi risiko terkena penyakit

Karena saat berpuasa tubuh kita bisa menggunakan lemak sebagai sumber utama, maka proses detoksifikasi juga dapat terjadi. Hal ini dikarenakan racun-racun yang tersimpan dalam lemak akan dikeluarkan dari tubuh kita bersamaan dengan digunakannya lemak sebagai bahan bakar tubuh.

Selain itu, suatu studi yang dilakukan di Utah AS pada tahun 2008 menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita penyakit jantung karena penggunaan lemak sebagai sumber energi utama tubuh dapat menurunkan kolesterol.

Penurunan kolesterol tersebut dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 58%.

3. Merasa lebih tenang

Selain itu, puasa yang dilakukan selama beberapa hari juga bagus untuk hormon endorfin yang diproduksi dalam darah. Hal ini bagus untuk kesehatan mental.

Kamu bisa merasa lebih nyaman dan tenang. Terlepas karena kamu sudah menjalankan ibadah sesuai ajaran, kamu bisa mendapatkan efek positifnya yaitu merasa lebih tenang.

4. Dapat meningkatkan kecerdasan emosional

Di dalam tubuh manusia, terdapat banyak hormon yang dapat memengaruhi reaksi emosional seseorang termasuk hormon yang bertanggung jawab terhadap hawa nafsu. Misalnya nafsu melakukan kekerasan, amarah, hingga kekejaman.

Ketika berpuasa, metabolisme hormon akan dipercepat, sehingga tidak sempat memengaruhi tindakan seseorang.

5. Meregenerasi kekebalan tubuh

Menurut Dr. Valter Longo dari University of Southern California di Los Angeles, dengan menjalani puasa juga mampu meningkatkan regenerasi sel kekebalan tubuh.

“Ketika kamu kelaparan, sistem tubuh mencoba untuk menghemat energi. Salah satu hal yang dia lakukan adalah dengan mendaur ulang banyak sel kekebalan yang tidak diperlukan, terutama yang mungkin rusak,” jelas Longo.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!