Median PKB Partai Islam Terkuat, PSI Partai Baru Terlemah
Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (Foto: Istimewa)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi partai Islam terpopuler sampai saat ini. Hal ini disampaikan dalam pemaparan hasil temuan survei elektabilitas Media Survei Nasional (Median) pada Senin (16/4), di Cikini, Jakarta Pusat.

Partai pimpinan Muhaimin Iskandar menempati posisi pertama dengan elektabilitas 8,5%, disusul partai pimpinan Muhammad Romahurmuziy, PPP (3,6%), Partai Keadilan Sejahtera (2,9%), Partai Amanat Nasonal (2,0%) dan Partai pimpinan Yusril Ihza Mahendra, Partai Bulan Bintang (0,6%).

Dari kalangan partai pendatang baru, sampai saat ini yang terpopuler masih dipegang oleh partai Perindo pimpinan Bos MNC Group Hary Tanoe Soedibjo. Sementara itu partai pendatang baru paling tidak populer ditempati oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang diketuai oleh mantan presenter Grace Natalie.

Partai Perindo mencapai angka 3,3% disusul partai Berkarya pimpinan Tomy Soeharto sebesar 0,9%, Partai Garuda 0,4% dan terakhir Partai Solidaritas Indonesia 0,1%.

Survei sendiri dilakukan selama 13 hari, yakni dari mulai tanggal 24 Maret sampai 6 April 2018. Survei dilakukan kepada 1200 orang yang memiliki hak pilih atau dewasa dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender dengan margin of error sebesar 2,9%.

Baca Juga :  Ma'ruf Amin Akan Blusukan ke Pesantren di Jatim

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.