Sudah Membiasakan 7 Cara Pola Hidup Sehat Ini Ayo Simak!
Ilustrasi makanan seimbang

Suaramuslim.net – Banyak nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita, tetapi kita tidak menyadarinya. Nikmat yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia, salah satunya adalah nikmat kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan menjadi modal utama kita melangkah dan melakukan aktivitas. Dengan nikmat itu kita dapat bernapas dengan sempurna. Jika datang masa sakit, kemungkinan besar penyakit disebabkan oleh pola hidup yang tidak teratur dan tidak sehat. Maka dari itu untuk mendapatkan kesehatan kita perlu menjaga pola hidup sehat agar badan kita tetap sehat dan bugar.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Seperti apa sih, hidup sehat itu? Hidup sehat dapat diartikan sebagai hidup tanpa gangguan atau masalah yang bersifat fisik maupun non fisik atau jasmani dan rohani. Banyak orang memiliki tubuh jasmani baik dan sehat tetapi rohaninya sangat memprihatinkan.

-Advertisement-

Bagaimana sih, caranya menjaga jasmani dan rohani agar tetap sehat? 

Yaitu dengan cara mengatur pola hidup sehat agar keduanya bisa seimbang. Hidup sehat mencangkup aturan dan pola seseorang untuk menjalankan hidup ini dengan cara terkontrol. Sehat membutuhkan aturan, jika tidak ada aturan maka muncullah kehidupan yang tidak menyenangkan. Syarat seseorang dapat menikmati kebahagiaan kehidupan adalah mereka yang selalu menjaga dan memiliki kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan mental akan rusak bila seseorang itu tidak sehat pada rohaninya.

Baca Juga :  Perlunya Merenungi Nikmat Allah

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara menerapkan pola hidup sehat sangat sederhana, akan tetapi untuk membiasakannya yang sulit. Maka dari itu mulai dari sekarang untuk menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini 7 cara menerapkan hidup sehat:

1. Perbanyak minum air putih

Ilustrasi segelas air
Ilustrasi segelas air

Air putih memang kelihatan tidak menarik dibandingkan susu ataupun jus buah. Akan tetapi manfaat air putih sangat berarti bagi tubuh manusia untuk menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Manfaat lain air putih yaitu untuk menetralisir racun yang terdapat pada tubuh kita. Kita dianjurkan untuk meminum air putih minimal 8 gelas perhari.

2. Konsumsi sayur

Ilustrasi berbagai macam sayur
Ilustrasi berbagai macam sayur

Sayur merupakan makanan pendamping yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi semua orang. Sayur adalah salah satu sumber gizi yang sangat bermanfaat pada tubuh manusia. Akan tetapi banyak orang yang tidak menyukai sayur dengan alasan rasa yang tidak enak atu hambar. Sayur sangat bermanfaat karena sayur kaya akan serat yang baik bagi tubuh manusia.

3. Konsumsi buah

Ilustrasi buah-buahan
Ilustrasi buah-buahan

Buah sangat baik untuk tubuh karena buah kaya akan vitamin dan mineral. Manfaat makan buah yaitu sumber gula sederhana, serat, vitamin, dan mineral, rendah lemak dan kalori, serat dalam buah berguna untuk membantu menurunkan kolesterol darah dan dapat membantu melancarkan buang air besar. Sehingga dapat terhindar dari sembelit serta mengurangi risiko kanker usus. Buah juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, vitamin C, dan antosianin. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh, sehingga membantu terhindar dari penyakit. Buah dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan juga dapat membantu meremajakan sel-sel dan jaringan dalam tubuh.

Baca Juga :  Pencernaan Bermasalah, Lindungi dengan Cara Ini

4. Perbanyak konsumsi kacang-kacangan

Ilustrasi ragam kacang
Ilustrasi ragam kacang

Kacang-kacangan mengandung  asam lemak omega 3. Asam lemak pada kacang dapat bermanfaat untuk menyehatkan kulit. Selain itu manfaat kacang yaitu dapat menyehatkan kuku serta rambut. Banyak orang beranggapan bahwa makan kacang dapat menumbuhkan jerawat. Hal itu keliru karena kandungan asam omega 3 adalah kandungan minyak yang tidak berbahaya bagi tubuh. Namun, jika kita mengonsumsi kacang berlebihan tubuh kita akan memproduksi minyak berlebihan, dan akan menimbulkan jerawat pada tubuh kita. Tidak hanya jerawat, masalah lain seperti muka berminyak juga bisa terjadi.

5. Olahraga Teratur

Ilustrasi perempuan sedang olahraga lari
Ilustrasi perempuan sedang olahraga lari

Olahraga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan juga membuat tubuh menjadi segar dan bugar. Olahraga tidak harus yang berat-berat, olahraga ringan seperti jogging bisa dilakukan. Melakukan aktivitas sehari-hari seperti menyapu  halaman, mengepel lantai sudah termasuk ke dalam olahraga. Karena tubuh kita mengeluarkan keringat yang menyebabkan tubuh kita semakin segar dan sehat.

6. Istirahat yang Cukup

Ilustrasi tempat istirahat
Ilustrasi tempat istirahat

Istirahat yang cukup dapat mengembalikan kesegaran tubuh dan membuat tubuh kembali fit lagi. Jika kita sering melakukan istirahat yang cukup di tengah kesibukan kita maka kemungkinan terserang penyakit juga akan semakin kecil. Ketika tubuh kita kurang istirahat maka tubuh kita akan merasa tidak enak badan dan sakit-sakit. Badan kita akan mudah lelah dan akan mudah untuk sakit. Itulah perlunya kita mengatur istirahat.

Baca Juga :  Inilah 5 Bahan Makanan Mengandung Pemanis Alami

7. Menjaga asupan makanan seimbang

Ilustrasi makanan lengkap
Ilustrasi makanan lengkap

Menjaga pola makan adalah hal utama yang harus kita perhatikan. Karena pengaruh makanan sangat signifikan bagi tubuh kita. Makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Jadi, pola hidup sehat tidak susah untuk dilaksanakan, bukan? Hanya saja kita perlu membiasakannya agar kita terbiasa dengan pola hidup sehat dan supaya tubuh kita selalu sehat dan bugar. Karena sehat sangat berarti bagi tubuh kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.