Mengenali Jenis - Jenis Kurma Arab
Kurma (Foto: drmorris.com.au)

Suaramuslim.net – Kurma, makanan kesukaan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam itu adalah buah yang paling laris penjualannya ketika Ramadhan. Kurma hadir dalam berbagai jenis rasa dan tekstur. Ada kurma lembut dan juga kurma dengan tekstur kering. Semua jenis kurma memiliki karakteristik masing-masing. Nah, sudahkah kamu mengenali jenis kurma?

Kurma dijajakan dengan harga yang bervariasi dan juga dengan jenis yang bervariasi. Tak hanya di Indonesia berbagai jenis kurma juga hadir di Arab Saudi. Berikut uraian yang diambil dari saudiarabiadates.com.

Kurma Ajwa

Sahabat Sa’ad bin Abi Waqqash meriwayatkan sebuah hadis dari Nabi SAW:

Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR Bukhari Muslim)

Kurma Ajwa dikenal memiliki khasiat untuk penyembuhan.  Dalam sebuah hadis, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa makan tujuh kurma ajwa di pagi hari melindungi seseorang dari sihir dan racun sampai malam . Imam Al-Khathabi  mengatakan bahwa, “Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena zat kurma itu sendiri.”

Baca Juga :  Bersedekah pada Akhir Ramadhan

Kurma ini punya kombinasi tekstur lembut dan kering, manis saat dimakan dan halus di mulut.

Kurma Anbara

Kurma Anbara, ukurannya lebih besar dibanding kurma lainnya. Karena ukurannya yang besar, berdaging tebal dan biji kecil menjadikan kurma ini sebagai favorit. Kurma ini juga salah satu dari varietas yang paling mahal, selain rasanya manis, warna coklat dan mengandung penuh protein.

Kurma Sukkari

Jenis kurma Sukari dikenal untuk penyembuhan dan sangat bergizi. Sukkari dapat menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi dan juga membantu menghilangkan kelelahan. Jenis kurma Sukkari  dibudidayakan di wilayah Al Qaseem. Kurma ini memiliki rasa renyah dan benar-benar manis. Sebuah kualitas yang  sebanding dengan namanya.

Kurma Barhi

Kurma Barhi sering dijual saat kurma jenis ini masih di cabang-cabang tipis. Merupakan kurma musiman yang dapat dibekukan dan disimpan selama berbulan-bulan. Kurma ini berwarna  kuning dan renyah. Kurma matang rasanya seperti karamel dan gula merah. Rasanya manis, seperti kebanyakan kurma, dan benar-benar layak untuk dicoba.

Baca Juga :  Empat Bekal Menyongsong Ramadhan

Kurma Safawi

Kurmna Safawi juga terkenal karena kandungan mineral yang tinggi bertekstur lembut dan banyak dibudidayakan di Madinah. Kuram ini hitam manis, berdaging tebal dan penuh  vitamin. Kurma safawi dikenal karena sifat penyembuhannya. Jika dimakan pada saat perut kosong, karena kurma Safawi dapat membunuh cacing perut.

Kurma Khudri

Jenis kurma ini adalah salah satu kurma yang paling banyak diekspor karena kesegaran dan harga yang wajar. Kurma Khudri berwarna coklat gelap yang kering dan manis. Kurma jenis ini kulitnya keriput baik besar atau kecil. Kurma Khudri adalah salah satu kurma terbaik jika Anda ingin segar  dan penuh energi.

Kurma Saghai

Kurma Saghai biasanya coklat, dan kuning cahaya di ujung, kulitnya keriput tapi tidak mengelupas, dan memiliki rasa renyah. Kurma ini banyak dibudidayakan di Riyadh.

Kurma Zahidi

Kurma warna keemasan berbentuk oval, memiliki tekstur tegas dan rasa pedas. Kurma Zahidi memiliki kulit tebal, semi kering dan kurang manis dibanding kurma lainnya. Kurma ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi.

Baca Juga :  Urutan Berbuka Puasa Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Kurma Kholas

Jenis kurma ini memiliki rasa karamel ketika matang. Teksturnya lengket ketika segar dan biasanya dikonsumsi dengan kopi Arab. Kurm ini memiliki kulit longgar, dan  berasal dari Al-Qaseem dan Al-Kharj wilayah negara Arab Saudi.

Kurma Mejdool

Kurma ini dikenal sebagai ‘Ratu Kurma’. Kurma Mejdool memiliki bentuk besar, tekstur mirip bantal, rasa kuat dan manis. Kurma ini  populer di Amerika dan sering digunakan dalam pembuatan minuman shake dan smoothie. Kurma ini  biasanya tersedia sepanjang tahun.

Berbagai jenis kurma mengandung berbagai macam kebaikan bagi tubuh, jadi jangan ragu untuk mengonsumsinya sebagai menu sahur ataupun berbuka puasa. (muf/smn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.