Soeratno G Mangun Wijoto (73 tahun) asal Kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan., foto: Dok. Istimewa

MADINAH (Suaramuslim.net) – Seorang jemaah haji asal Kabupaten Pacitan meninggal dunia pada Senin (15/7) di Madinah, Arab Saudi. Menurut informasi dari TPHI Kloter 04 SUB yang diterima oleh Kasi PHU Kabupaten Pacitan H. Agus Hadi Prabowo bahwa jemaah yang wafat adalah Soeratno G Mangun Wijoto (73 tahun) asal Kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan.

Hendra Praja yang sempat menangani Soeratno di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) mengatakan, pasien mengalami peradangan abdomen akut dan sempat dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah sejak Ahad malam.

“Kondisi ini diperberat dengan perubahan cuaca ekstrem dan kekurangan cairan,” kata Hendra yang dikutip oleh Agus.

Setelah dilakukan perawatan sebagaimana mestinya, pengurusan administrasi dan mendapatkan CoD (Certificate of Death), almarhum dimakamkan di kuburan Baqi pada Senin malam (16/7) sehabis Maghrib.

Saat dikonfirmasi kepada Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Jamal menerangkan, berdasarkan informasi yang diterima dari Arab Saudi, Soeratno wafat pukul 10.26 WAS akibat penyakit lambung atau gastritis dan dehidrasi akut.

“Benar, kami tadi mendapatkan informasi jemaah haji asal Pacitan kloter 4 meninggal dunia kemarin di Madinah dan dimakamkan di sana. Penyebabnya karena dehidrasi akut dan sakit lambung,” tutur Jamal.

Ia menambahkan, jemaah haji yang meninggal dunia di tanah suci tersebut akan mendapatkan asuransi sesuai peraturan yang ada. Terkait besaran asuransi, pihaknya masih menunggu kepastian dari pusat.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here