Menlu Retno: Indonesia Komitmen Dukung Perjuangan Palestina

Menlu Retno: Indonesia Komitmen Dukung Perjuangan Palestina

Nikaragua Akan Membuka Kedutaan Besarnya di Palestina
Menteri Luar Neger Indonesia Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri Palestina RIyad Al Maliki (Foto: KEMLU RI)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Menteri luar negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia selalu berada di depan dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina bebas dari penjajahan Zionis Israel.

Menurut Retno sejumlah upaya dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam mendukung Palestina, tidak hanya dukungan politik.

Bahkan, lanjutnya, menteri luar negeri Palestina memberikan pujian kepada Indonesia terkait dukungan yang diberikan.

“Saat Menlu Palestina bertemu Presiden, ini juga mengagetkan, beliau mengatakan ‘Retno ini bukan hanya pejuang bagi Indonesia, tetapi juga bagi Palestina’. Alhamdulilah ini diakui oleh Palestina sendiri,” ujar menlu Retno di Auditorium Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (25/10).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Palestina Dr. Riad Malki, pada Senin (15/10) menghadiri public lecture Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia (SKSG UI) di kampus UI, Salemba, Jakarta Pusat.

Dalam pemaparannya, Riad Malki mengatakan ada empat hal yang harus ditegaskan ketika melakukan negosiasi. Hal ini berdasarkan pengalaman pihaknya ketika selama puluhan tahun berkonflik dengan zionis Israel.

Selain itu Retno Marsudi mengatakan, Indonesia juga memberi dukungan untuk segera menyudahi konflik berkepanjangan di Afghanistan. Saat itu, Indonesia membantu menggelar pertemuan ulama tiga negara pada Mei 2018 lalu dan terus berupaya membantu penyelesaian konflik pengungsi Rohingya di Myanmar.

“Tentu yang jadi tugas utama kita bagaimana Indonesia menunaikan tugasnya sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020 yang tantangannya tidak ringan”, tandas Menlu Retno.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!