Menu Makan Sahur Pengganti Nasi

Suaramuslim.net – Bagi sebagian orang, makan terlalu pagi seperti makan sahur, belum menjadi kebiasaan. Apalagi untuk orang-orang profesional, mereka harus bangun terlalu pagi untuk menyiapkan makanan sahur, dan dilanjutkan dengan aktivitas bekerja. Karena terlalu lelah seharian bekerja, terkadang membuat sebagian orang malas bangun pagi untuk sekedar sahur. Akibatnya mereka hanya makan sahur seadanya, dan esoknya tak jarang cepat merasa lemas atau tak bertenaga.

Sebenarnya bagi Anda yang tidak sempat memasak untuk makan sahur, bisa menggantinya dengan menu lain. Apalagi, makanan pengganti nasi di bawah ini memiliki kandungan gizi yang juga dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya:

Sereal gandum

Sereal gandum sepertinya sudah familiar bagi masyarakat Indonesia. Beberapa toko dan swalayan sudah menjual produk ini dalam bentuk kemasan ukuran tertentu. Sereal gandum memiliki kandungan serat dan protein tinggi. Sehingga, menu ini dapat menurunkan rasa lapar seseorang, sekaligus memenuhi asupan nutrisi hingga tiba waktu berbuka.

Kentang

Kentang selama ini identik dengan makanan orang yang berniat menurunkan berat badan alias diet. Kandungan karbohidrat dalam kentang bisa menjadikan perut kenyang lebih lama meski tanpa makan nasi. Usahakan memasak kentang dengan cara dikukus atau direbus ya, bukan digoreng. Ini untuk mengurangi minyak berlebih dalam tubuh, sehingga terhindar dari penyakit akibat makanan yang digoreng.

Baca Juga :  Inilah Rahasia Medis Tahnik Bayi
Telur rebus

Sebutir telur rebus ampuh memberikan efek kenyang lebih lama. Di dalamnya tersimpan zat protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Biar tidak eneg atau muntah, kita bisa mencampur telur rebus dengan sedikit sambal kacang atau saus pedas, agar lebih berasa.

Roti

Sebagian keluarga Indonesia sudah memilih mengganti sarapan nasi dengan roti, baik roti tawar, roti gandum, atau roti dengan aneka rasa. Anda pun bisa mulai mengganti menu sahur dengan roti. Tidak perlu takut lapar, karena roti juga memiliki zat karbohidrat yang sama dengan nasi putih.

Untuk kandungan nutrisi lebih baik, Anda bisa memilih roti gandum. Karena kandungan seratnya yang bagus untuk tubuh. Pilihlah roti gandum dengan warna sedikit gelap, karena mengandung lebih banyak serat. Kamu bisa kombinasikan roti gandum dengan selai, susu kental manis atau aneka jenis sayuran dan telur.

Kurma

Kurma merupakan makanan favorit Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, baik untuk sarapan sehari-hari maupun hidangan sahur dan berbuka. Diriwayatkan, Nabi biasanya mengkonsumsi 3 biji kurma dan susu.

Baca Juga :  Supaya Puasa Tak Biasa-Biasa Saja

Meski hanya dikonsumsi sedikit, kurma memiliki kandungan energi yang jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan dengan nasi. Selain kaya akan kandungan karbohidrat tinggi, buah kurma juga memiliki nutrisi lain seperti zat besi, antioksidan, dan sebagainya.

Oatmeal

Oatmeal terbuat dari aneka biji-bijian kaya akan serat, vitamin, antioksidan serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, kombinasi oatmeal, susu dan aneka buah-buahan dapat membuat tubuh tetap berenergi meski seharian berpuasa.

Pasta

Pasta mengandung karbohidrat yang cukup sebagai pengganti nasi. Agar lebih sehat, ada baiknya kita menambahkan daging dan sayuran sebagai pelengkap. Cara pembuatannya pun tak butuh waktu lama. Sehingga meski bangun kesiangan, Anda masih bisa makan sahur dengan membuat pasta.

Kontributor: Siti Aisah
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here