Mulai Saat Ini Jamaah Haji Jakarta Tak Perlu Periksa Imigrasi Di Arab Saudi
Jemaah haji Indonesia berangkat menuju tanah suci (Foto: Istimewa)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Kabar baik kini datang dari pemberangkatan bagi jemaah haji khususnya embarkasi Jakarta. Sejak hari ini (8/7) layanan imigrasi Kerajaan Saudi di Bandara Soekarno Hatta resmi beroperasi.

“Selama ini pemeriksaan imigrasi jemaah haji kita dilakukan di bandara kedatangan ketika mendarat di Arab Saudi. Jemaah haji kita tertahan mengantri berjam-jam, bahkan di musim haji bisa sampai antri hingga 4-5 jam, untuk menyelesaikan keimigrasiannya di Bandara Jeddah atau Madinah,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagaimana yang ia sampaikan dalam media sosial pribadinya, Senin (8/7).

“Kondisi ini amat memberatkan, khususnya bagi jemaah haji yang sudah senior,” tambahnya lagi.

Anies menyebut, Direktorat Imigrasi Saudi Arabia kini akan mengirimkan 50 orang petugas yang dilengkapi dengan semua peralatan. Sementara itu pemerintah Indonesia, dalam hal ini Bandara Soekarno Hatta menyiapkan ruangan pemeriksaan.

“Semua urusan keimigrasian diselesaikan sebelum masuk ke pesawat terbang,” kata Anies.

Nantinya, dengan sistem baru ini maka ketika jemaah mendarat di Madinah, Saudi Arabia, para jemaah haji embarkasi Jakarta bisa langsung menuju bus untuk pergi ke penginapan.

Baca Juga :  Pemuda Aceh Tolak Rencana BPKH Investasi di Tanah Wakaf Aceh di Makkah

“Tanpa perlu antri untuk urusan imigrasi lagi. Saat ini baru embarkasi dari Jakarta yang menikmati fasilitas ini. Mudah-mudahan tahun-tahun yang akan datang bisa dilanjutkan ke daerah lain.” Ujar Anies.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.