Nge-hit, Wisata Puncak Bukit P28 Bondowoso
Spot foto yang ada di P28. (Foto: c.mi.com)

Suaramuslim.net – Bondowoso adalah termasuk kota kecil dengan 1.586 km2 dengan populasi penduduk 791.838 jiwa (2018), dengan kepadatan 499,27 jiwa/km2. Namun sebenarnya Bondowoso memiliki banyak potensi wisata alam yang luar biasa. Bondowoso ini letaknya di Jawa Timur, bersebelahan dengan kota Jember dan Situbondo. Yang biasa dijuluki dengan kota penghasil tape ini tak memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, sehingga keindahannya masih terjaga asri.

Termasuk keindahannya yang masih terjaga, salah satunya tempat wisata baru di Bondowoso yang lagi nge-hits adalah Puncak Bukit P28 dengan ketinggian 1.674 mdpl. Di tempat sini kita bisa melihat pesona alam yang begitu indah yang nampak hijau dari ketinggian.

Bukit P28 sendiri merupakan kepanjangan dari Patirana diambil dari nama desa, sedangkan 28 diambil dari tanggal penemuan bukit tersebut.

Menurut Pak Uun, buruh Perhutani sekaligus yang menjaga tempat tersebut ketika berbincang dengan penulis Sabtu 8 Juni 2019, bahwa bukit P28 ditemukan pada 28 Agustus 2016. “Penemuan bukit P28 berawal dari pembuatan jalan setapak kehutan untuk memudahkan warga desa mengambil kayu,” tutur Uun ketika berbincang di pos tiket masuk lokasi bukit P28.

Baca Juga :  HUT Jatim ke 72 Pemprov Jatim Terima Penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha

“Yang menemukan bukit P28 tiga orang, saya sendiri, Kepala Desa Wonosari Pak Marzuki, Arif Pitriyadi anaknya Pak  Marzuki,” ungkap Uun.

Bukit P28 setelah ditemukan, dianggap sangat indah dan cocok dijadikan tempat wisata. ” Awal pembangunan pengembangan puncak bukit P28 menghabiskan anggaran dana Rp 60 juta, diambil dari uang pribadi Pak Marzuki, Kepada Desa Wonosari,” tambah Uun.

“Kemudian Arif Pitriyadi mem-posting foto dan video di media sosial. Dari medsos inilah Bukit P28 jadi nge-hit sampai sekarang,” tukas Uun.

Puncak P28 ini terletak di Dusun Patirana, Desa. Wonosari, Kec. Grujugan, Kab. Bondowoso, Jawa Timur. Akses menuju lokasi cukup baik. Jalanan menuju lokasi juga sudah beraspal. Beberapa kilometer sebelum sampai lokasi sudah disediakan papan penunjuk jalan. Lampu penerangan sepanjang jalan pun cukup memadai. Tiket masuk ke lokasi per orang dikenai sebesar Rp 5.000.

Jika masih bingung mengenai rutenya, bisa langsung tanya kepada penduduk setempat. Waktu terbaik berada di bukit P28 ini adalah pagi dan sore. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan pesona sunrise maupun sunset.

Hal menarik lainnya adalah kabut tipis yang menjelma bak hamparan samudera di atas awan yang dipadu dengan langit  keemasan. Tentu akan menjadi pemandangan yang sulit terlupakan. Bagi Anda pecinta kabut atau pecinta hiking, bukit P28 Bondowoso ini bisa dimasukan ke daftar destinasi liburan.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.