Pahami Keutamaan Menghafal Surah Al Mulk
Ilsutrasi anak laki-laki duduk di depan Al Quran.

Suaramuslim.net – Al Mulk berarti kerajaan. Banyak muslim yang menghafal surah Al Mulk karena keutamaan surat ini. Di dalam surat ini, Allah memberikan petunjuk untuk kehidupan dunia dan akhirat. Karena keagungan maknanya, Rasulullah pun selalu membaca Al Mulk sebelum beliau tidur malam. Sebenarnya, apa keutamaan menghafal surah Al Mulk? Simak ulasannya berikut ini.

Kisah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang alam kubur

Rasulullah Shallallahu’ Alaihi wa Sallam pernah berkisah tentang alam kubur. Suatu ketika, seorang sahabatnya mendirikan kemah di sebuah tempat. Akan tetapi, sahabat tersebut tidak tahu bahwa tanah di bawah kemahnya adalah kuburan.

Sayup-sayup, ia mendengar suara orang yang sedang membaca surah Al Mulk. Suaranya sangat merdu dan syahdu. Sahabat Rasulullah mendengarkannya dengan penuh keheranan.

Saat Rasulullah datang, sahabat itu menghampiri beliau dan berkata, “Aku mendengar suara seseorang membaca surah Al Mulk dengan sangat jelas di dalam kubur.”

Rasulullah menjawab sambil tersenyum, “Surat itulah yang menghalangi dan menyelamatkan dari siksa kubur.”

Baca Juga :  Dikenal Sebagai Qari Cilik, Kini Jadi Imam Mendunia

Ternyata orang yang di dalam kubur itu semasa hidupnya selalu menjaga bacaan Al Quran, terutama membaca dan menghafal surah tersebut.

Allah akan menyelamatkan orang-orang yang membaca dan menghafalkan Surat Al Mulk dari siksa kubur

Setiap yang bernyawa pasti akan mati. Setelah meninggal dunia, manusia akan memasuki alam kubur. Di dalam kubur, manusia tidak bisa mengelak dari pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir. Manusia juga akan merasakan nikmat dan siksa kubur.

Abdullah bin Ubaid bin Umar mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda bahwa saat seseorang yang telah meninggal dunia dikuburkan, ia bisa mendengar langkah kaki pengunjung yang datang dan pergi. Ketika itulah, si mayat akan mendengar suara berbicara. Ia bingung suara siapakah itu. Ternyata itu adalah suara kuburnya yang sedang berbicara.

“Kasihan engkau, wahai anak Adam! Bukankah engkau telah diperingatkan tentang aku. Sempitku, huru-haraku, dan ulat-ulatku. Maka, apakah yang kamu persiapkan untukku?”

Dalam sabdanya, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan bahwa salah satu surat di dalam Al Quran yang bisa menyelamatkan manusia dari siksa kubur adalah surah Al Mulk. Orang-orang yang semasa hidupnya selalu membaca, menghafalkan, merenungkan, dan mengamalkan isinya, niscaya Allah akan menyelamatkan orang tersebut dari siksa kubur.

Baca Juga :  3 Langkah Menghafal Al Quran

Maka, mari kita senantiasa menjaga dan mengamalkan Al Quran. Salah satunya dengan membaca dan menghafal surah Al Mulk. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang diselamatkan Allah dari siksa kubur, aamiin.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.