Suaramuslim.net – Melihat pasar dadakan di sepanjang jalan menjelang buka puasa merupakan pemandangan yang selalu mewarnai bulan Ramadhan. Iya, rupanya keberkahan bulan suci umat Islam tersebut bukan hanya terletak pada nilai ibadahnya saja, melainkan juga menyentuh dimensi ekonomi.

Tak jarang, beberapa orang yang mencoba memanfaatkan momen Ramadhan dengan berbisnis justru berhasil meraup keuntungan melimpah. Di bulan Ramadhan, daya beli masyarakat terbilang meningkat dibandingkan biasanya. Mulai dari kebutuhan pokok, otomotif, hingga fesyen.

Anda pun sebenarnya bisa memanfaatkan puasa Ramadhan dengan berbisnis dadakan. Berikut beberapa inspirasi bisnis yang bisa Anda lakukan di bulan Ramadhan:

Bisnis takjil untuk berbuka puasa

Jenisnya ada beraneka ragam, mulai dari minuman segar, pudding, kolak, gorengan dan aneka menu makanan yang begitu menggiurkan. Di daerah perkotaan, mayoritas penduduknya berprofesi sebagai karyawan kantor.

Mereka tidak punya cukup waktu untuk menyediakan makanan berbuka dan sahur. Sehingga solusinya adalah membeli takjil dan menu berbuka yang banyak dijumpai di sepanjang jalanan.

Poin utama dari usaha ini adalah lokasi strategis yang banyak dilewati para pekerja. Apalagi jika kualitas produk Anda memuaskan, pasti akan selalu diburu banyak orang setiap harinya.

Bisnis fesyen

Selain makanan, fesyen menjadi kebutuhan utama mayoritas orang Islam Indonesia pada bulan Ramadhan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa lebaran identik dengan baju baru. Adanya permintaan tinggi dari masyarakat akan produk fesyen, menjadikan bisnis ini cukup menjanjikan.

Ditambah lagi dengan munculnya model-model baru dari kelangan desainer muda Tanah Air, serta para artis yang ikut serta mempromosikan model khasnya, sehingga begitu memikat konsumen, terutama untuk kalangan perempuan.

Bisnis kue lebaran dan parcel

Kue kering menjadi jajanan wajib yang selalu hadir saat lebaran. Hampir setiap rumah selalu menyediakan kue lebaran di meja ruang tamunya. Jenisnya ada berbagai macam. Mulai dari nastar, kastengel, kue lidah kucing, dan sebagainya. Biasanya di pinggiran jalan, pasar, atau pusat perbelanjaan modern juga memajang beraneka ragam jenis kue lebaran lengkap beserta dengan bingkisan parcelnya.

Bagi Anda yang punya hobi memasak, bisa mencoba bisnis kue kering khas lebaran. Di pasaran sudah banyak penjual yang menjajakan kue lebaran, sehingga sebagai pemain baru, kita harus punya strategi untuk membuat kue lebaran khas kita yang berbeda dari lainnya. Misalnya dengan membuat variasi rasa kue kering, atau mempercantik kemasannya (packaging).

Begitu pula dengan bingkisan parsel, buatlah dengan bentuk yang unik dan kreatif, sehingga orang akan tertarik untuk memesannya. Untuk meningkatkan daya tarik masyarakat untuk membeli, kita bisa mencari insight para konsumen mengenai bentuk parcel seperti apa yang dibutuhkan dan sebagainya.

Bisnis catering buka puasa

Di bulan Ramadhan, hampir kebanyakan tempat kerja mengagendakan kegiatan buka puasa bersama seluruh karyawan. Sehingga perusahaan akan mengeluarkan anggaran untuk membeli paket berbuka yang terdiri dari makanan lengkap dengan buah, minuman, dan takjil.

Kita bisa mempromosikan bisnis catering melalui internet. Usahakan setiap postingan disertai dengan beberapa foto menarik dan deskripsi yang lengkap ya. Kedua, akan lebih baik jika menu yang kita tawarkan kepada konsumen punya gizi seimbang alias sehat. Hal ini akan sejalan dengan tren masa kini yang identik dengan gerakan pola hidup sehat.

Kartu ucapan bulan Ramadhan dan lebaran

Meski terkesan jadul, faktanya beberapa toko dan retail modern masih menyediakan kartu ucapan serta amplop khusus bertuliskan selamat Hari Raya Idul Fitri. Keduanya biasanya dijadikan satu dan dibagikan kepada sanak keluarga saat lebaran. Anda bisa memanfaatkan keahlian untuk mendesain kartu ucapan ataupun amplop lebaran.

Tak perlu membeli baru, Anda bisa memanfaatkan barang bekas untuk pembuatan keduanya. Selain itu, Anda juga bisa berkolaborasi dengan para pembuat parsel untuk menyisipkan kartu ucapan ke dalam parsel yang mereka buat. Untuk masalah harga, bisa disesuaikan dengan bahan dan tingkat kesulitan pembuatannya.

Bisnis rental mobil untuk mudik

Hampir setiap tahunnya penyewa kendaraan roda empat mengalami peningkatan, utamanya menjelang lebaran. Sebagian keluarga memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung daripada harus menggunakan transportasi umum yang lebih ribet dan harus antri lama. Ini bisa jadi kesempatan menarik bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha rental mobil.

Untuk keamanan, Anda bisa memberlakukan beberapa syarat ketentuan bagi penyewa, seperti meminta foto copy data pribadi penyewa, dokumen perjanjian sewa. Anda juga bisa memasang GPS pada mobil sewaan untuk mengantisipasi kejahatan.

Kontributor: Siti Aisah*
Editor: Oki Aryono

*Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Unair

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.