Perhatikan 4 Hal Penting Ini untuk Presentasi Bisnis
Ilustrasi presentasi di depan audiens.

Suaramuslim.net – Ada ribuan cara untuk mengembangkan suatu bisnis. Salah satunya, memperluas jaringan dan memikat investor dengan presentasi bisnis atau pitching yang baik.

Menurut Muhammad Noer, pakar public speaking dan penulis buku ‘Presentasi Memukau’ mengatakan bahwa sebuah presentasi bisnis sudah menjadi standar dalam komunikasi bisnis. Presentasi suatu bisnis perlu disampaikan kepada para investor hingga mereka memilih berinvestasi pada bisnis Anda ataukah tidak. Biasanya waktu dan perhatian para investor tersebut terbatas, karenanya presenter perlu mempersiapkan presentasi yang to the point.

“Banyak presentasi bisnis yang dibuat dengan penuh data malah membingungkan audiens. Memang terlihat kompleks dan canggih namun tidak membantu presenter menyampaikan pesan secara efektif,” kata Noer.

Maka dari itu, banyak yang perlu dipersiapkan. Mengambil data, menganalisa, dan membuat kesimpulan, dan tidak membuat audiens ikut menyelami hasil analisa data. Agar, para audiens dapat dengan cepat menarik kesimpulan dari apa yang disampaikan oleh presenter.

“Audiens terkadang hanya ingin dengan cepat mengambil kesimpulan sehingga mereka dapat mengambil keputusan dengan benar,” imbuh penulis buku ‘Presentasi Memukau’ tersebut.

Baca Juga :  Tips Mengirim Motor ke Kampung Halaman

Selain masalah konten dari presentasi yang disampaikan, penampilan dan cara penyampaian juga tak kalah penting. Karenanya, seorang presenter harus jeli menyiapkan kebutuhan presentasi untuk menyampaikannya kepada para investor. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dipersiapkan oleh presenter :

Vokal yang Baik

Menyiapkan vokal yang baik bukan berarti seperti bernyanyi di atas panggung. Yang menjadi perhatian adalah vokal yang diucapkan dapat didengar baik oleh audiens dengan tempat duduk terjauh sekalipun. Jika perlu, gunakan mikrofon. Namun aturlah volume mikrofon tersebut agar tidak terlalu keras dan menyakiti pendengaran.

Bukan hanya hal di atas, pastikan juga intonasi dan artikulasi dapat diucapkan dan didengar dengan baik serta menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh audiens.

Antusias

Pembawaan yang antusias soal presentasi yang ingin disampaikan juga menjadi hal yang vital. Ini dilakukan agar pitching atau presentasi yang dilakukan tampak hidup dan penuh interaksi. Suara yang keluar saat presentasi tidak harus keras, namun harus punya kekuatan. Dengan pembawaan suara dan antusiasme dalam diri presenter, maka ini akan memberikan kesan keyakinan dan kesan kewibawaan terhadap Anda dan bisnis yang dijalani.

Baca Juga :  Tips Membawa Kucing Kesayangan Pergi Mudik
Variasi

Variasi dalam presentasi yang dimaksud adalah intonasi. Jika presentasi dilakukan dengan intonasi yang datar dan itu-itu saja tentu akan membosankan bagi audiens. Ada beberapa kalimat atau ungkapan dengan penekanan dapat dilakukan dengan pengucapan yang lamban. Begitu pula sebaliknya, pengucapan yang cepat dalam beberapa kalimat atau ungkapan dapat menunjukan semangat dan jiwa dinamis seorang presenter.

Jangan Bergumam

Untuk soal ini biasanya tak hanya menyerang para presenter dengan jam terbang rendah. Presenter jam terbang tinggi pun seringkali bergumam ketika presentasi. Ini terjadi karena para presenter tersebut berpikir saat akan berbicara, atau presenter tersebut tidak memahami materi yang disampaikan.

Jika hal demikian terus dilakukan dapat mengurangi kredibilitas presenter dan kualitas materi yang disampaikan. Audiens akan jenuh dan menganggap bahwa materi yang disampaikan hanyalah main-main saja.

Kontributor: Ilham Prahardani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here