Alif Stone Park Natuna. Foto: halamankepri.blogspot.com

Suaramuslim.net – Indonesia memang terkenal dengan kekayaan baharinya. Termasuk Kepulauan Natuna yang berada di Kepulauan Riau ini memiliki keelokan laut yang luar biasa, bisa disebut sebagai surga bahari di perbatasan Indonesia.

Saat ini Natuna resmi sebagai kawasan Taman Bumi atau geological park (geopark) Nasional. Pulau Natuna tak hanya kaya akan sumber daya alam berupa gas dan minyak, tetapi juga pesona alam yang sangat memikat hati. Berikut ini Suaramuslim.net akan merangkum fakta-fakta pesona Pula Natuna yang dilansir dari beberapa sumber.

Alif Stone Park

Foto: pesona.travel

Di Pulau Natuna ada sebuah destinasi wisata pantai yang menjadi ikon Kota Natuna. Lokasinya cukup dekat dari kota, yaitu Alif Stone Park. Alif Stone Park ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Alif Stone Park memiliki hamparan batu besar yang tersebar sepanjang pesisir pantai.

Taman batu ini berada di Tanjung Sulai, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kepulauan Riau. Untuk menuju ke lokasi ini, kira-kira akan menghabiskan waktu setengah hari dari Tanjung Pinang dengan menggunakan transportasi laut berupa kapal feri. Namun jika diakses dari Kota Ranai, jaraknya hanya sekitar 10 km dan paling hanya memakan waktu 10 sampai dengan 15 menit perjalanan darat.

Alif Stone Park memiliki luas wilayah sekitar tiga hektar. Taman batu ini menyuguhkan ribuan batu yang berasal dari zaman pra sejarah megalitikum yang tertata cantik di sepanjang tepian pantai. Destinasi wisata ini memadukan antara pantai berpasir putih, air yang jernih, serta hamparan batu granit raksasa. 

Jelita Sejuba Resort

Foto: disparbud.natunakab.go.id

Jelita Sejuba Resort ini merupakan tempat wisata terbaru yang ada di Pulau Natuna. Lokasi yang didominasi oleh bebatuan granit seperti kebanyakan pantai yang ada di Natuna. Seperti halnya Alif Stone Park, Jelita Sejuta Resort menyajikan spot-spot yang instagramable. Yang dapat memuaskan hati para pecinta fotografi. Tempatnya tidak jauh dari ibu kota kabupaten Natuna, Ranai. Jarak yang ditempuh dari Ranai, hanya sekitar 15-20 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Embung Serbaguna Sedanau

Foto: twitter.com

Lokasi ini terletak di Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat. Sedanau lebih dikenal dengan sebutan kota apung karena rumah-rumah warga dan juga pusat kehidupannya ada di atas laut.

Embung Serbaguna Sedanau merupakan salah satu program Pemerintah Pusat dalam upaya membangun infrastruktur di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang dikerjakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV. (Sumber: natunakab.go.id).

Pantai Batu Kasah

Foto: ayokenatuna.com.

Pantai Batu Kasah dikenal juga sebagai Pantai Cemaga karena berada di Desa Cemaga. Beberapa desa yang berdekatan di sini masing-masing memiliki wilayah pesisir yang menjadi sasaran liburan akhir pekan warganya. Salah satunya yang paling dikenal memang Pantai Batu Kasah.

Jalanan di Ranai yang berada di Pulau Bunguran ini relatif sepi. Dengan jarak sekitar 30 kilometer, Pantai Batu Kasah bisa dicapai dalam waktu 45 menit hingga 1 jam dari pusat kota.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.