PKS Sebut Kamp Konsentrasi Kepada Etnis Uighur Mirip Peristiwa Holocaust

35
PKS Sebut Kamp Konsentrasi Kepada Etnis Uighur Mirip Peristiwa Holocaust
Anggota komisi I DPR RI H. Sukamta (Foto: PKS kota Tanggerang)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku geram terhadap diskriminasi yang dialami etnis Uighur di Xinjiang, Cina. Menurut Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri PKS, Sukamta kebijakan kamp konsentrasi yang dilakukan pemerintah Cina kepada etnis Uighur mirip seperti kejadian Holocaust yang dilakukan Nazi kepada orang Yahudi.

“Penempatan warga Uighur di kamp khusus jadi mengingatkan kita terhadap Holocaust,” kata Sukamta yang juga sekretaris Fraksi PKS di DPR RI dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/12).

-Advertisement-

Holocaust adalah persekusi dan pembantaian terhadap enam juta orang Yahudi oleh rezim Nazi dengan sistematis, birokratis dan disponsori negara.

Untuk mencegah hal ini ke arah sana, Sukamta meminta perlakuan kamp khusus bagi etnis Uighur Cina harus dihentikan.

“Kebebasan beragama dan hak tanpa diskriminasi ini dijamin oleh Deklarasi HAM PBB,” tambahnya.

PKS juga mendesak Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan diplomasi kepada pemerintah RRC terkait apa yang dialami etnis muslim Uighur ini.

“Juga menghimpun dukungan dari negara-negara lain khususnya negeri Muslim. Ini saatnya negeri muslim yang lain di dunia bersatu untuk menolong dan menyelamatkan saudara-saudara sesama Muslim yang merupakan warga minoritas di negaranya masing-masing, baik Uighur, Rohingya, Palestina,” ujar wakil rakyat dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Baca Juga :  Jika Politik Masuk Masjid

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.