Syamsuri Firdaus mendapat ucapan selamat dari Presiden Turki, Recep Tayib Erdogan usai menjadi juara dalam MTQ Internasional di negara tersebut, foto: Antara

ISTANBUL (Suaramuslim.net) – Qori muda asal Bima, Nusa Tenggara Barat, Syamsuri Firdaus berhasil meraih juara 1 pada MTQ Internasional ke 7 yang digelar di Istanbul, Turki.

Di akun Facebook pribadinya yang ditulis Ahad (26/5) dan dikutip wartawan, Senin (27/5), Syamsuri Firdaus, menuliskan rasa syukur yang mendalam kepada Allah atas prestasi yang diraih pada MTQ Internasional yang digelar di Istanbul, Turki.

Putra kelahiran Sila Rada Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima NTB ini, menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua, keluarga, guru, dan teman-teman yang telah mendoakan dan mendukungnya sehingga berhasil meraih juara dan mengharumkan Indonesia.

“Subhanallah walhamdulillah wa laailaha illallah wallahu akbar. Qodarullah bi barokati du’aaikum. Terima kasih banyak saya ucapkan kepada orang tua, keluarga, guru-guru, dan teman-teman saya semua yang sudah mendoakan saya dan mensupport saya. Alhamdulillah di antara 68 negara yang ikut saya terpilih sebagai juara 1 di MTQ Internasional ke 7 di Istanbul, Turki,” ujarnya seperti yang dilansir Kantor Berita Antara.

“Terima kasih banyak teman-teman, Allahu Akbar,” tambahnya penuh syukur.

Alumni MAN 3 Bima yang mengenyam pendidikan S1 di jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia ini sebelumnya merasa khawatir dengan lawannya pada babak penyisihan. Namun, dalam kompetisi lanjutan Jumat (24/5) Syamsuri berhasil lolos masuk ke putaran final.

Di putaran final qori yang dikenal mahir membawakan beberapa ciri khas lantunan ayat suci Alquran ini kembali menunjukkan kemampuannya di hadapan dewan juri hingga meraih kemenangan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, saat masih umur 14 tahun, Syamsuri menyabet juara 1 Nasional Tilawah anak pada MTQ 2012 tingkat Propinsi NTB. Kemudian diundang untuk mengikuti MTQ tingkat Nasional di Maluku dan meraih Juara 1 Nasional Tilawah Anak 2012.

Pada tahun yang sama, Syamsuri Firdaus mengikuti MTQ Asia di Singapura dan mendapat peringkat pertama. Mulai saat itu ia dikenal, bahkan di tahun 2013, ia diundang untuk melantunkan ayat Alquran di Istana Negara.

Syamsuri Firdaus lahir 11 April 1999. Dia merupakan anak pertama dari keluarga yang keadaan ekonominya terbatas. Ayah Syamsuri, Abdullah, warga RT 03 Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima sebagai buruh tani dan ibunya kuli pembuat batu bata.

Pada salat Idul Adha 1438 H atau pada 1 September 2017, Syamsuri Firdaus diamanahkan untuk menjadi Imam Salat Idul Adha di Masjid Ukhuwwah Islamiyah, Universitas Indonesia Depok. Sementara M Nasir, Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset RI sebagai Khatib. Rektor UI dan jajarannya selaku makmum.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.