Rahasia Kubik Leadership
Sampul buku (Foto: Gramedia)

Judul Buku: Kubik Leadership

Pengarang: Jamil Azzaini Dkk

-Advertisement-

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama 2009, Jakarta

Suaramuslim.net – Kata “kubik” mengacu pada satuan isi sebuah ruang 3 dimensi yang terdiri dari sumber x, y, z. Ketiga sumbu ini mengacu pada 3 anatomi kepemimpinan diri yang harus kita pimpin dalam diri kita, yaitu kepemimpinan terhadap keyakinan, aksi dan pekerti. Sedangkan leadership dalam pembahasan buku ini lebih ditujukan untuk diri sendiri, yaitu kemampuan untuk memimpin diri kita sendiri, bukan memimpin orang lain.

Kepemimpinan dalam kubik leadership adalah kemampuan untuk menentukan ke mana hidup akan kita arahkan, apa saja yang ingin kita lakukan dalam hidup ini, dan jalan mana yang harus kita tempuh untuk mencapainya.

3 Kunci Penting Meraih Kesuksesan

 1. Pimpin Keyakinan

Keyakinan adalah seperangkat prinsip dan nilai yang sekaligus menjadi misi suci hidup kita. Segala sesuatu harus dimulai dari keyakinan. Keyakinan memberikan kekuatan. Ada 3 prinsip yang harus diyakini: prinsip manusia, prinsip alam dan prinsip Tuhan.

Baca Juga :  Fenomena Anti Beken

Prinsip manusia akan mengajak untuk memahami pilihan-pilihan hidup serta membantu mengarahkan hidup untuk dapat meraih kesuksesan jangka panjang.

Prinsip alam akan mengajak melihat bagaimana alam ini bekerja dan bagaimana kita dapat memanfaatkan hukum alam yang ada untuk senantiasa menghadirkan keberuntungan dalam hidup.

Sedangkan dalam prinsip Tuhan, kita akan diajak melihat kaitan erat antara Tuhan dan makhluknya serta bagaimana kita bisa mengakses energi Tuhan untuk memperoleh kekuatan tanpa batas.

2. Pimpin Aksi

Aksi adalah aktivitas nyata yang didasarkan pada seperangkat aturan hidup. Keyakinan memberikan kekuatan dan aksi akan melejitkan kekuatan itu. Dalam pimpin aksi, kita harus melakukan 3 dimensi etos kerja yaitu dengan 3 AS, kerja kerAS, kerja cerdAS dan kerja ikhlAS.

 3. Pimpin Pekerti

Pekerti adalah sikap mental yang melahirkan kecenderungan perilaku sehari-hari. Aksi melejitkan kekuatan, sementara pekerti menjaga kesuciannya. Dalam memimpin pekerti ini kita harus melakukan 3 jenis sikap dan perilaku yaitu positif, produktif dan kontributif.

Bagaikan sebuah pohon, keyakinan itu seperti akar. Selain menjadi pintu gerbang masuknya energi, juga mengokohkan keseluruhan pohon. Apabila pohon itu memiliki akar kuat, badai sebesar apa pun takkan mampu merobohkannya. Sedangkan aksi adalah batang pohon, ranting dan dedaunan. Mereka mentransformasi energi yang mereka dapatkan dengan sangat sempurna sehingga mampu manghasilkan buah-buahan yang manis. Buah-buahan itu adalah pekerti manusia.

Baca Juga :  Pesan dari QS Ibrahim ayat 28 - 31 kepada Seluruh Calon Penguasa

Ketiga anatomi tersebut harus dipimpin. Jangan biarkan ketiganya bergerak sendiri-sendiri tanpa kita arahkan. Kemampuan kita untuk memberi arah yang tepat kepada ketiga anatomi kepemimpinan hidup tersebut akan membangkitkan kekuatan sangat dahsyat dan menjadikan kita sebagai jenderal dalam perjalanan hidup kita sendiri.

Seru ya baca buku ini! Mau lebih jelas bagaimana kubik leadership ini melejitkan potensi hidupmu? Sila baca selengkapnya Kubik Leadership.

Peresensi: Imam Masruri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.